PENGARUH GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD NEGERI 13 MEMPAWAH TIMUR TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Noviantini, Felia
dc.date.accessioned 2025-02-04T06:14:24Z
dc.date.available 2025-02-04T06:14:24Z
dc.date.issued 2025-01-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5909
dc.description.abstract FELIA NOVAINTINI. 12001269. Pengaruh Game Edukasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD Negeri 13 Mempawah Timur Tahun Pelajaran 2024-2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pre-test dan post-test yaitu pada kelas VI A 3 orang dengan rentang 0-41%, 13 orang dengan rentang 41-65%, 2 orang dengan rentang 66-85% dan tidak ada yang masuk kedalam rentang 86-100%. Sedangkan pada kelas VI B 3 orang dengan rentang 0-41%, 17 orang dengan rentang 41-65%, 3 orang dengan rentang 66-85% dan tidak ada yang masuk kedalam rentang 86-100%. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh game edukasi wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 13 Mempawah Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis eksperimen yaitu eksperimental semu (quasi eksperimental) dengan desain Nonrandomized control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ialah sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3) Analisis Prasyarat Data 4) Uji Hipotesis. Temuan Penelitian yaitu: 1) Secara keseluruhan penggunaan game edukasi wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VI SD dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 1,00 artinya langkah-langkah penggunaan game edukasi wordwall telah diterapkan secara sistematis. 2) Hasil Belajar untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 63,48. sedangkan hasil belajar untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 72,22. 3) Pengaruh game edukasi wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 13 Mempawah Timur dengan meggunakan uji Independen Sample T-test yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,008< 0,05 dan uji Effect Size berkategori besar. Artinya terdapat pengaruh signifikan game edukasi wordwall terhadap hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Game Edukasi Wordwall en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD NEGERI 13 MEMPAWAH TIMUR TAHUN PELAJARAN 2024-2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account