PENGINTEGRASIAN AL-QUR'AN DAN HADITS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA DISEKOLAH MENENGAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Arifudin, Arifudin
dc.contributor.author Mariyeh, Mariyeh
dc.date.accessioned 2025-02-03T06:54:23Z
dc.date.available 2025-02-03T06:54:23Z
dc.date.issued 2025-01-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5891
dc.description.abstract MARIYEH, (12018017), “Pengintegrasian Al-Qur’an dan Hadits Dalam Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika di Sekolah Menengah”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak (2025). Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan Al-Qur'an dan Hadits dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi aritmatika di Sekolah Menengah. Dalam konteks pendidikan, pentingnya menggabungkan ilmu agama dan sains menjadi fokus utama, di mana keduanya saling melengkapi dan tidak terpisahkan. Selanjutnya, untuk mendeskripsikan tantangan dan hambatan dalam mengintegrasikan Al-Qur’an dan Hadits dalam pembelajaran matematika materi aritmatika disekolah menengah. Jadi ini menggarisbawahi bahwa sains dan agama harus hidup berdampingan, sehingga siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan duniawi tetapi juga spiritual yang mendalam. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah literer atau studi dokumen, yakni suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, gambar, maupun elektronik. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis isi (content analysis), dengan menjadikan konsep Mathematics with Al-Qur’an (Mengajarkan Matematika dengan Nilai-nilai Al-Qur’an) sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus menumbuh kembangkan dan mengintrepretasikan skill yang dimiliki untuk mengintegrasikan nilai ke-Islam-an yang berkaitan erat dengan matematika. Sehingga output dapat mengantarkan peserta didik menjadi insan yang berkemajuan dan berkarakter. Ditinjau dari pembelajaran matematika, bahwa mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islam-an ialah memadukan antara nilai-nilai Islam dengan pembelajaran matematika yang tentu pada akhirnya diantara perpaduan itu akan menjadi satu kesatuan yang relevan. Beberapa konsep pembelajaran matematika materi aritmatika dalam Al-Qur’an yang dapat diintegrasikan, seperti: bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan berpangkat dan lainnya. Disamping itu, terdapat beberapa langkah strategi pembelajaran yang dikaitkan dengan pengintegrasian nilai-nilai Islam, seperti; selalu menyebut nama Allah SWT, menyisipkan ayat atau hadits yang relevan, penelusuran sejarah, dan simbol ayat-ayat alam semesta. Tentu dari beberapa strategi tersebut memberikan efek positif pembelajaran matematika guna menumbuh kembangkan sikap jujur, sikap konsisten dan sistematis terhadap aturan, sikap adil, sikap tanggung jawab, dan sikap percaya diri. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengintegrasian en_US
dc.subject Al-Qur'an dan Hadits en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title PENGINTEGRASIAN AL-QUR'AN DAN HADITS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA DISEKOLAH MENENGAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account