Pengaruh Persepsi Orang Tua Tentang Kompetensi Sosial Guru dan Kepuasan Layanan Pendidikan Terhadap Partisipasi Mereka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayong Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Ibrahim, Ibrahim
dc.contributor.author Yasir, Mukhamad
dc.date.accessioned 2025-01-31T09:22:23Z
dc.date.available 2025-01-31T09:22:23Z
dc.date.issued 2024-07-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5870
dc.description.abstract Mukhamad Yasir, dengan NIM 2214100677. 2024. Pengaruh Persepsi Orang Tua Tentang Kompetensi Sosial Guru dan Kepuasan Layanan Pendidikan Terhadap Partisipasi Mereka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayong Utara. Setiap satuan pendidikan memerlukan keterlibatan semua pihak dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Partisipasi orang tua yang aktif di sekolah sangat penting untuk meningkatkan motivasi dan dan prestasi anak serta prestasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh persepsi orang tua atas kompetensi sosial guru dan kepuasan layanan Pendidikan terhadap partisipasi orang tua di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kayong Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa sumber data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah orang tua/wali siswa di MIN Kayong Utara berjumlah 154 orang yang ditentukan menggunakan metode non probability sampling teknik purposive sampling dengan kriteria: a) orang tua/wali berjenis kelamin laki dan perempuan; b) pendidikan terakhir minimal SMA/sederajat; c) berusia antara 32 s.d. 45; dan d) terlibat aktif dalam pertemuan madrasah minimal 3 (tiga) kali. Pengumpulan data menggunakan angket. Angket ujicoba terlebih dahulu divalidasi oleh validator ahli materi dan dilakukan revisi. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik. peneliti akan menggunakan uji korelasi product xii Tesis Mukhamad Yasir moment dan regresi sederhana, dilanjutkan dengan korelasi ganda dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel persepsi orang tua atas kompetensi sosial guru berpengaruh sebesar 22,1% terhadap partisipasi orang tua di MIN Kayong Utara; 2) variabel kepuasan layanan pendidikan berpengaruh sebesar 54,4% terhadap partisipasi orang tua di MIN Kayong Utara; dan 3) variabel persepsi orang tua atas kompetensi sosial guru dan kepuasan layanan pendidikan berpengaruh secara bersama-sama terhadap partisipasi orang tua di MIN Kayong Utara sebesar 53,3%. Sedangkan sisanya sebesar 46,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Implikasi dari penelitian ini yaitu: 1) perlunya penguatan kolaborasi orang tua dan sekolah melalui berbagai berbagai kegiatan kolaboratif; dan 2) penyediaan sumber daya dan informasi tambahan bagi orang tua. Salah satunya menyediakan bantuan konseling bagi orang tua. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject partisipasi orang tua en_US
dc.subject kompetensi sosial en_US
dc.subject kepuasan layanan en_US
dc.title Pengaruh Persepsi Orang Tua Tentang Kompetensi Sosial Guru dan Kepuasan Layanan Pendidikan Terhadap Partisipasi Mereka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayong Utara en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account