dc.description.abstract |
Mukhamad Yasir, dengan NIM 2214100677. 2024. Pengaruh
Persepsi Orang Tua Tentang Kompetensi Sosial Guru dan Kepuasan
Layanan Pendidikan Terhadap Partisipasi Mereka di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Kayong Utara.
Setiap satuan pendidikan memerlukan keterlibatan semua
pihak dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Partisipasi orang tua yang aktif di sekolah sangat penting untuk
meningkatkan motivasi dan dan prestasi anak serta prestasi sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh
persepsi orang tua atas kompetensi sosial guru dan kepuasan layanan
Pendidikan terhadap partisipasi orang tua di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri (MIN) Kayong Utara.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa sumber data primer
dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah orang tua/wali
siswa di MIN Kayong Utara berjumlah 154 orang yang ditentukan
menggunakan metode non probability sampling teknik purposive
sampling dengan kriteria: a) orang tua/wali berjenis kelamin laki
dan perempuan; b) pendidikan terakhir minimal SMA/sederajat;
c) berusia antara 32 s.d. 45; dan d) terlibat aktif dalam pertemuan
madrasah minimal 3 (tiga) kali. Pengumpulan data menggunakan
angket. Angket ujicoba terlebih dahulu divalidasi oleh validator ahli
materi dan dilakukan revisi. Teknik analisis data menggunakan
analisis parametrik. peneliti akan menggunakan uji korelasi product
xii Tesis Mukhamad Yasir
moment dan regresi sederhana, dilanjutkan dengan korelasi ganda
dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel persepsi orang
tua atas kompetensi sosial guru berpengaruh sebesar 22,1% terhadap
partisipasi orang tua di MIN Kayong Utara; 2) variabel kepuasan
layanan pendidikan berpengaruh sebesar 54,4% terhadap partisipasi
orang tua di MIN Kayong Utara; dan 3) variabel persepsi orang
tua atas kompetensi sosial guru dan kepuasan layanan pendidikan
berpengaruh secara bersama-sama terhadap partisipasi orang tua di
MIN Kayong Utara sebesar 53,3%. Sedangkan sisanya sebesar 46,7%
dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Implikasi dari penelitian ini yaitu: 1) perlunya penguatan
kolaborasi orang tua dan sekolah melalui berbagai berbagai kegiatan
kolaboratif; dan 2) penyediaan sumber daya dan informasi tambahan
bagi orang tua. Salah satunya menyediakan bantuan konseling bagi
orang tua. |
en_US |