Pengembangan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Ushuluddin Singkawang Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.author Lestari, Sri
dc.date.accessioned 2025-01-31T09:12:43Z
dc.date.available 2025-01-31T09:12:43Z
dc.date.issued 2024-07-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5868
dc.description.abstract Sri Lestari, Nim 2204100643, 2024. Pengembangan Media Inter aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelaja ran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Ushuluddin Singkawang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hasil belajar siswa yang rendah yakni terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ). Pembelajaran konvensional yang dilakukan tidak bisa memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Akibatnya minat belajar siswa mengalami penurunan dan selanjutnya hasil belajar pun menurun. Data yang ditemukan di lapangan untuk mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Ushuluddin khususnya materi Keteladanan Rasul Ulul Azmi dan Keistimewaannya masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk: 1) Mengetahui analisis kebutuhan siswa dalam pengem bangan media interaktif mata pelajaran Akidah Akhlak. 2) Menge tahui desain media interaktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak. 3) Mengetahui kelayakan media interaktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan Borg & Gall, model pengembangan desain pembelajaran Dick & Carey dan pengembangan produk model Luther. Adapun pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan observasi, kuesioner (Angket), tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif (Analisis dari hasil komentar dan saran validator) dan analisis kuantitatif (mengolah data hasil kuesioner dan tes) kemudian data tersebut di konversikan ke dalam data kualitatif dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) analisis kebutuhan yang ada di lokasi penelitian yakni siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik selain buku teks, 2) Sebelum media xii dikembangkan dilakukan tahap desain pembelajaran yaitu media yang dirancang berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik, 3) Setelah dilakukan desain pada media interaktif kemudian dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Media interaktif yang dinyatakan valid selanjutnya dilakukan uji coba media, hasil dari pengembangan media pembelajaran interaktif diperoleh bahwa sebanyak 85% peserta didik mencapai ketuntasan, dengan skor rata-rata 74,5. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media interaktif en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah akhlak en_US
dc.title Pengembangan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Ushuluddin Singkawang Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account