PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI SISWA SALAT ZUHUR BERJAMAAH DI SMA ISLAM DARUL AMIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Khoriyeh, Khoriyeh
dc.date.accessioned 2025-01-31T08:10:18Z
dc.date.available 2025-01-31T08:10:18Z
dc.date.issued 2025-01-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5864
dc.description.abstract KHORIYEH, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Siswa Salat Zuhur Berjamaah Di Sma Islam Darul Amin Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Untuk mengetahui cara guru memotivasi siswa dalam menunaikan ibadah salat zuhur berjamaah di SMA Islam Darul Amin Pontianak.: 2) Untuk mengetahu faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa salat zuhur berjamaah di SMA Islam Darul Amin Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder, yaitu: 1) sumber primer guru pendidikan Agama Islam dan siswa melalui wawancara serta observasi langsung kelapangan yang dilakukan peneliti. 2) data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung dari objek yang diteliti yang bersifat umum, yang terdiri dari dokumen, dan buku-buku yang berkaitan dengan motivasi peserta didik dalam ibadah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data tersebut, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Kemudian pengujian keabsahan data menggunakan tiga teknik yaitu: perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, menggubakan bahan referensi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, 1) bahwa kiat-kiat yang dilakukan  guru pendidikan Agama Islam untuk memberikan motivasi yang sudah dijalankan atau akan dilakukan memiliki peran penting dalam memupuk kesadaran peserta didik tentang amanah dan kewajiban mereka terutama kewajiban tentang salat. Lebih jauh lagi cara-cara tersebut akan membentuk karakter peserta didik menjadi religius baik secara intelektual maupun spiritual. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi peserta didik salat berjamaah diantaranya: faktor pendukung yaitu pendidik dan sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu adapun faktor penghambat yaitu rasa malas peserta didik, kurangnya pengetahuan salat, lingkungan keluarga dan teman sebaya . en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran guru PAI en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Salat Berjamaah en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI SISWA SALAT ZUHUR BERJAMAAH DI SMA ISLAM DARUL AMIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account