dc.description.abstract |
KHORIYEH, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Siswa Salat Zuhur Berjamaah Di Sma Islam Darul Amin Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Untuk mengetahui cara guru memotivasi siswa dalam menunaikan ibadah salat zuhur berjamaah di SMA Islam Darul Amin Pontianak.: 2) Untuk mengetahu faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa salat zuhur berjamaah di SMA Islam Darul Amin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder, yaitu: 1) sumber primer guru pendidikan Agama Islam dan siswa melalui wawancara serta observasi langsung kelapangan yang dilakukan peneliti. 2) data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung dari objek yang diteliti yang bersifat umum, yang terdiri dari dokumen, dan buku-buku yang berkaitan dengan motivasi peserta didik dalam ibadah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data tersebut, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Kemudian pengujian keabsahan data menggunakan tiga teknik yaitu: perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, menggubakan bahan referensi.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, 1) bahwa kiat-kiat yang dilakukan guru pendidikan Agama Islam untuk memberikan motivasi yang sudah dijalankan atau akan dilakukan memiliki peran penting dalam memupuk kesadaran peserta didik tentang amanah dan kewajiban mereka terutama kewajiban tentang salat. Lebih jauh lagi cara-cara tersebut akan membentuk karakter peserta didik menjadi religius baik secara intelektual maupun spiritual. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi peserta didik salat berjamaah diantaranya: faktor pendukung yaitu pendidik dan sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu adapun faktor penghambat yaitu rasa malas peserta didik, kurangnya pengetahuan salat, lingkungan keluarga dan teman sebaya . |
en_US |