Pengembangan E-Modul Moderasi Beragama pada Kelas XI di SMAIT Al Mumtaz Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Nugraha, M. Tisna
dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.advisor Sumin, Sumin
dc.contributor.author Minarti, Minarti
dc.date.accessioned 2025-01-30T08:36:02Z
dc.date.available 2025-01-30T08:36:02Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5850
dc.description.abstract Revolusi industri 4.0 yang bercirikan dengan kemajuan IPTEK di abad 21 telah menyebar luas diberbagai lini kehidupan, sehingga mempengaruhi sistem kehidupan masyarakat dari konvensional menuju era digital. Guru sebagai pendidik harus menyesuaikan diri mengituti perkembangan zaman dalam merancang pembelajaran. Guru PAI-BP harus mampu memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik yang menerapkan niai-nilai pendidikan Agama Islam dalam keseharian. Sehingga praktik beragama yang ekstim, radikal, intoleransi dapat teratasi dengan mengubah cara pandang atau pradikma berpikir moderat. Sudah selayaknya program pemerintah tentang moderasi beragama harus tersampaikan didunia pendidikan, sehingga karakter peserta didik dalam menjalankan nilai-niai beragama sudah terbentuk cara berpikir wasyathiyah dengan karakter toleran, cinta damai dan mempererat persatuan dan kesatuan, serta cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E-Modul Moderasi Beragama pada kelas XI di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Mumtaz. Menguji kelayakan pengembangan E-Modul Moderasi Beragama pada kelas XI di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Mumtaz. Serta menguji keefektifan E-Modul Moderasi Beragama pada kelas XI di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Mumtaz. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development atau disingkat dengan R&D. Menerapkan model 4-D (Four D Models), maksudnya adalah Define, Design, Development and Dissemination. Subjek pada penelitian ini pada saat uji coba terdiri dari subjek validasi dan subjek uji coba. Subjek validasi yaitu tim ahli materi dan ahli media/teknologi, guru PAI BP, dan lima belas orang peserta didik. Sedangkan subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data berupa instrumen validasi, intrumen kepraktisan dan data test.Analisis data berupa analisis data validitas ahli, analisis Kepraktisan E-Modul, analisis data test hasil belajar pesreta didik, Hasil Pre-Tes dan Post Test akan diuji melalui mekanisme statistic dengan menggunakan alat bantu software JASP yaitu uji normalitas dan Uji T-Test. xii Hasil analisis menunjukkan bahwa Pengembangan E Modul Moderasi Beragama pada Pelajaran PAI-BP di kelas XI menghasilkan bahan ajar E-Modul Moderasi Beragama yang dikembangkan dengan model define, design, development, dessiminate (4D). Kelayakan E-Modul Moderasi Beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik kelas XI menunjukan katagori layak, katagori layak meliputi aspek materi yang diperoleh dari hasil validator ahli materi diperoleh hasil penilaian sebesar 100% dengan katagori sangat layak untuk digunnakan. Penilaian dari aspek media/teknologi dengan prosentase 82,8% dengan katagori sangat layak. Implementasi E-Modul Moderasi Beragama pada pembelajaran PAI-BP kelas XI sudah efektif, terlihat dari hasil respon peserta didik dengan kepraktisan 86% pada uji coba terbatas dengan katagori sngat layak, pada uji coba lapangan dengan prosentase 82% dengan katagori sangat layak. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-Modul dengan rata-rata 80,52 dibandingkan hasil rata-rata peserta didik sebelum menggunakan E Modul dengan rata-rata 52,63. Serta hasil penyebaran dengan rata rata 82% dengan katagori sangat layak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject E-Modul en_US
dc.subject Moderasi en_US
dc.subject Beragama en_US
dc.title Pengembangan E-Modul Moderasi Beragama pada Kelas XI di SMAIT Al Mumtaz Pontianak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account