dc.description.abstract |
ELISA. Pengaruh Strategi Video Comment Berbantuan Animaker Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMP Islam Tazkiyah Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sebelum menggunakan strategi Video Comment berbantuan Animaker di SMP Islam Tazkiyah Pontianak, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi Video Comment berbantuan Animaker di SMP Islam Tazkiyah Pontianak, 3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sesudah menggunakan strategi Video Comment berbantuan Animaker di SMP Islam Tazkiyah Pontianak, 4) Untuk mendeskripsikan pengaruh strategi Video Comment berbantuan Animaker terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Islam Tazkiyah Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Adapun lokasi penelitian yaitu di SMP Islam Tazkiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data: Observasi, Tes dan Dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes (pre-test dan post-test) dan handphone. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A berjumlah 23 orang peserta didik dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi software SPSS versi 23 dengan analisis deskriptif dan analisis uji T.
Berdasarkan analisis uji deskriptif statistik dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil belajar pretest peserta didik memperoleh nilai rata-rata 60,43 dimana nilai paling tinggi ialah 80 yaitu nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 2) Berdasarkan hasil catatan lapangan dari lembar observasi proses pelaksanaan strategi pembelajaran video comment bahwa dari 10 indikator yang diamati 100% sudah dilaksanakan. 3) Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil belajar postest diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik sebesar 86% dan termasuk pada kategori sangat baik. 4) Hasil uji hipotesis melalui uji analisis regresi linier sederhana dengan software SPSS 23, menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. |
en_US |