PENGARUH STRATEGI VIDEO COMMENT BERBANTUAN ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP ISLAM TAZKIYAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Elisa, Elisa
dc.date.accessioned 2025-01-30T03:10:19Z
dc.date.available 2025-01-30T03:10:19Z
dc.date.issued 2025-01-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5834
dc.description.abstract ELISA. Pengaruh Strategi Video Comment Berbantuan Animaker Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMP Islam Tazkiyah Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sebelum menggunakan strategi Video Comment berbantuan Animaker di SMP Islam Tazkiyah Pontianak, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi Video Comment berbantuan Animaker di SMP Islam Tazkiyah Pontianak, 3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sesudah menggunakan strategi Video Comment berbantuan Animaker di SMP Islam Tazkiyah Pontianak, 4) Untuk mendeskripsikan pengaruh strategi Video Comment berbantuan Animaker terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Islam Tazkiyah Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Adapun lokasi penelitian yaitu di SMP Islam Tazkiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data: Observasi, Tes dan Dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes (pre-test dan post-test) dan handphone. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A berjumlah 23 orang peserta didik dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi software SPSS versi 23 dengan analisis deskriptif dan analisis uji T. Berdasarkan analisis uji deskriptif statistik dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil belajar pretest peserta didik memperoleh nilai rata-rata 60,43 dimana nilai paling tinggi ialah 80 yaitu nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 2) Berdasarkan hasil catatan lapangan dari lembar observasi proses pelaksanaan strategi pembelajaran video comment bahwa dari 10 indikator yang diamati 100% sudah dilaksanakan. 3) Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil belajar postest diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik sebesar 86% dan termasuk pada kategori sangat baik. 4) Hasil uji hipotesis melalui uji analisis regresi linier sederhana dengan software SPSS 23, menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Video Comment en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI VIDEO COMMENT BERBANTUAN ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP ISLAM TAZKIYAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account