Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Islam Tahfizh Bustanul Qur’an Nanga Pinoh

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.author Iskandar, Iskandar
dc.date.accessioned 2025-01-30T03:06:50Z
dc.date.available 2025-01-30T03:06:50Z
dc.date.issued 2024-07-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5833
dc.description.abstract Iskandar, dengan NIM. 2214100664. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Islam Tahfizh Bustanul Qur’an Nanga Pinoh. SD IT Bustanul Qur’an Nanga Pinoh merupakan salah satu Sekolah Dasar Swasta berbasis Islam Tahfizh di Kabupaten Melawi, yang berusaha membentuk karakter siswanya agar memiliki akhlak yang baik dan jiwa yang Islami, menciantai Al-Qur’an, menghafal Al Qur’an, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat begitu pentingnya nilai-nilai agama Islam bagi setiap siswa maka sekolah ini berusaha untuk mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam tersebut dengan berbagai cara yang diusahakan agar nantinya siswa terbiasa dengan nilai-nilai kebaikan dan dapat mempraktekkan dalam kehidupannya. Adapun pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif, artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka melainkan data yang berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Prosedur analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data dilakukan dengan pemerikasaan kepercayaan, keteralihan dan kebergantungan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Perencanaan implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SD IT Bustanul Qur’an Nanga Pinoh xii Iskandar yaitu mengadakan rapat bersama guru untuk membuat program pendidikan penguatan karakter siswa, penyusunan silabus dan RPP serta sosialiasi kepada guru, siswa dan orang tua siswa tentang perencanaan program tersebut (2) Pelakasanaan implementasi nilai nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan mengimplementasikan nilai ibadah, akhlak dan muamalah, nilai-nilai agama Islam tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan shalat dhuha dan zuhur berjamaah, tadarus dan hafalan Al-Quran, menjalankan puasa sunnah senin dan kamis, berinfaq/bersedekah, dan lainnya, (3) Evaluasi hasil implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SD IT Bustanul Qur’an Nanga Pinoh yaitu dengan menilai hasil pembelajaran PAI melalui UTS, game/kuis dan UAS berdasarkan standar KKM, serta menilai laporan pelaksanaan ibadah siswa, hasil tersebut akan dievaluasi pada rapat bulanan dewan guru untuk memberikan solusi serta tindak lanjut kedepannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Karakter Siswa en_US
dc.title Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Islam Tahfizh Bustanul Qur’an Nanga Pinoh en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account