STRATEGI DIFERENSIASI WISATA RELIGI (ANALISIS ESKALASI PERAN DAN FUNGSI MASJID AGUNG OESMAN AL-KHAIR)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ilyas, Fitri Susanti
dc.contributor.advisor Wardi, Suhra
dc.contributor.advisor Hanifah, Siti
dc.contributor.advisor Gitosaroso, Muh
dc.contributor.author Handayani, Tri
dc.date.accessioned 2025-01-30T00:55:54Z
dc.date.available 2025-01-30T00:55:54Z
dc.date.issued 2025-01-21
dc.identifier.citation CMOS en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5821
dc.description.abstract TRI HANDAYANI, Strategi Diferensiasi Wisata Religi (Analisis Eskalasi Peran dan Fungsi Masjid Agung Oesman al-Khair), Skripsi, Pontianak: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana strategi diferensiasi yang diterapkan oleh Masjid Agung Oesman Al-Khair untuk menarik wisatawan religi, 2) Bagaimana peran Masjid Agung Oesman Al-Khair dalam meningkatkan pengalaman wisata religi, 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat wisatawan untuk mengunjungi Masjid Agung Oesman Al-Khair. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana hasil pengumpulan data dalam hal ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan data yang digunakan bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer dari observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen, buku-buku ilmiah dan data online yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka bahwa strategi diferensiasi melalui arsitektur unik (masjid terapung), kegiatan keagamaan besar (tabligh akbar, pawai takbir), fasilitas pendukung ruang istirahat dan promosi digital efektif meningkatkan pengalaman wisata religi. Peran masjid dalam meningkatkan pengalaman wisata religi mencakup penyediaan suasana spiritual, kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang, dan fasilitas yang nyaman. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat wisatawan adalah keindahan arsitektur, kegiatan keagamaan, promosi digital, aksesibilitas, dan fasilitas lengkap. Penelitian ini diharapkan untuk dapat memberikan kontribusi pada pengembangan wisata religi di Indonesia. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Diferensiasi en_US
dc.subject Wisata Religi en_US
dc.subject Masjid en_US
dc.title STRATEGI DIFERENSIASI WISATA RELIGI (ANALISIS ESKALASI PERAN DAN FUNGSI MASJID AGUNG OESMAN AL-KHAIR) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account