dc.description.abstract |
KHAIRIYAH ANDI SALMIAH. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Realistic
Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik
Kelas VII MTs Darul Falah Wannajah Kabupaten Mempawah. Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif
peserta didik. Nilai pre-tes menunjukkan indikator kemampuan berpikir kreatif
pada aspek kelancaran (78,25%), kelenturan (68,15%), Keaslian (45,12%)
dan elaborasi (35,15%). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendekripsikan
penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education bahasan materi
lingkaran; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik
kelas VII MTs Darul Falah Wannajah kabupatem mempawah pada bahasan materi
lingkaran, dan; (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan pendekatan
Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik
pada materi ajar lingkaran di kelas VII MTs Darul Falah Wannajah kabupaten
mempawah.
Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Eksperimen
dengan rancangan desain penelitian Pretest – Posstest. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Populasi yang
digunakan adalah peserta didik kelas VII MTs Darul Fala Wannajah Kabupeten
Mempawah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pengukuran berupa tes
dan studi dukumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
observasi, tes tertulis dan dokumen/foto. Analisis data menggunakan (1) Analisis
instrumen data berupa validasi isi, perbutir dan keseluruhan serta validitas kontruk,
reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda (2) Analisis deskriptif berupa
penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education dan kemampuan berpikir
kreatif dan (3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan asumsi normalitas,
persamaan regresi, uji kesesuaian model linier dan uji hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa:(1) penggunaan pendekatan
Realistic Mathematic Education pada peserta didik kelas VII MTs Darul Falah
Wannajah Kabupaten Mempawah memiliki persentase hasil pengamatan 81,64%
termasuk pada kategori tinggi; (2) Kemampuan berpikir kreatif untuk kelas
eksperimen pada saat pretes memiliki nilai rata-rata sebesar 39,16% dan pada saat
postes mengalami peningkatan sebesar 82,23%. Sedangkan kemampuan berpikir
kreatif di kelas kontrol pada saat pretes memiliki rata-rata persentase sebesar
32,42% dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 81,15%. Berdasarkan
data tersebut baik pretes maupun postest termasuk kategori sedang dan (3)
penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education berpengaruh secara
signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII MTs Darul
Falah Wannajah Kabupaten Mempawah. |
en_US |