PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS DARUL FALAH WANNNAJAH KABUPATEN MEMPAWAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author SALMIAH, KHAIRIYAH ANDI
dc.date.accessioned 2025-01-23T07:10:31Z
dc.date.available 2025-01-23T07:10:31Z
dc.date.issued 2024-12-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5813
dc.description.abstract KHAIRIYAH ANDI SALMIAH. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII MTs Darul Falah Wannajah Kabupaten Mempawah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Nilai pre-tes menunjukkan indikator kemampuan berpikir kreatif pada aspek kelancaran (78,25%), kelenturan (68,15%), Keaslian (45,12%) dan elaborasi (35,15%). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendekripsikan penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education bahasan materi lingkaran; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII MTs Darul Falah Wannajah kabupatem mempawah pada bahasan materi lingkaran, dan; (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ajar lingkaran di kelas VII MTs Darul Falah Wannajah kabupaten mempawah. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Eksperimen dengan rancangan desain penelitian Pretest – Posstest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VII MTs Darul Fala Wannajah Kabupeten Mempawah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pengukuran berupa tes dan studi dukumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes tertulis dan dokumen/foto. Analisis data menggunakan (1) Analisis instrumen data berupa validasi isi, perbutir dan keseluruhan serta validitas kontruk, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda (2) Analisis deskriptif berupa penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education dan kemampuan berpikir kreatif dan (3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan asumsi normalitas, persamaan regresi, uji kesesuaian model linier dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa:(1) penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education pada peserta didik kelas VII MTs Darul Falah Wannajah Kabupaten Mempawah memiliki persentase hasil pengamatan 81,64% termasuk pada kategori tinggi; (2) Kemampuan berpikir kreatif untuk kelas eksperimen pada saat pretes memiliki nilai rata-rata sebesar 39,16% dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 82,23%. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif di kelas kontrol pada saat pretes memiliki rata-rata persentase sebesar 32,42% dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 81,15%. Berdasarkan data tersebut baik pretes maupun postest termasuk kategori sedang dan (3) penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII MTs Darul Falah Wannajah Kabupaten Mempawah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendekatan Realistic Mathematic Education en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kreati. en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS DARUL FALAH WANNNAJAH KABUPATEN MEMPAWAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account