STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK GADAI EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG AHMAD YANI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahma Yulisa
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Miskari, Miskari
dc.contributor.author Maulidiya, Phany Julia
dc.date.accessioned 2025-01-22T05:50:30Z
dc.date.available 2025-01-22T05:50:30Z
dc.date.issued 2024-12-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5792
dc.description.abstract Phany Julia Maulidiya (12007117). “Strategi Pengembangan Produk Gadai Emas di Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap Pengembangan Produk Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani dan Stategi pengembangan produk gadai emas yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan skunder. Sumber data primer berbentuk observasi, wawancara, dokumentasi dan mengumpulkan informasi secara langsung dari sumber utama atau lokasi objek penelitian yaitu Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani dan untuk sumber data sekunder berbentuk website dan jurnal. Tehnik yang digunakan buat mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani mengembangkan produk gadai emas melalui berbagai strategi untuk meningkatkan pendapatan dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Perbaikan produk dan modifikasi produk termasuk dalam pengembangan produk gadai emas, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan nasabah yang terus berkembang. Perbaikan produk dilakukan dengan meningkatkan fitur-fitur unggulan dari produk gadai emas agar lebih relevan dengan kebutuhan nasabah, sementara modifikasi produk mencakup pengenalan produk baru yang lebih fleksibel, seperti gadai fleksi dan gadai angsuran tetap dengan cicilan bulanan berbiaya flat. Strategi pengembangan produk gadai emas mencakup langkah-langkah yang lebih luas dan melibatkan berbagai upaya untuk memperkuat posisi Pegadaian Syariah di pasar. Strategi ini meliputi program loyalitas yang dirancang untuk mempertahankan nasabah lama dan menarik nasabah baru, peningkatan kualitas layanan untuk memastikan pengalaman transaksi yang lebih baik, serta pemanfaatan teknologi modern seperti platform online dan aplikasi seluler untuk mempermudah aksesibilitas layanan dan transaksi. Selain itu, program pemasaran aktif dan penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk gadai emas syariah turut menjadi bagian dari strategi ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Produk en_US
dc.subject Gadai Emas en_US
dc.subject Pegadaian Syariah en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK GADAI EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG AHMAD YANI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account