dc.description.abstract |
Firyal Fairuz Salsabila (11821109), Pengaruh Nilai Transaksi Ecommerce, Jumlah Pengguna E-commerce, dan Jumlah Usaha Mikro Kecil
Menengah (UMKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Program Studi
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak, 2024/1445 H.
Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari perkembangan Produk Domestik
Bruto. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak
pada lahirnya ekonomi baru, dengan adanya fenomena transaksi jual beli berbasis
internet atau E-commerce. E-commerce sendiri dapat membantu UMKM dalam
menjalankan bisnisnya, mempermudah penjual dan pembeli melakukan transaksi
tanpa harus bertemu langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Nilai Transaksi Ecommerce, 2) Jumlah Pengguna E-commerce, 3) Jumlah UMKM terhadap
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia periode 2017-2023.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang
digunakan adalah data sekunder berupa data time series yang diolah dalam bentuk
pertahun nilai transaksi E-commerce, jumlah pengguna E-commerce, UMKM, dan
PDB pada periode 2017-2023. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi. Data-data yang telah
didapat diolah menggunakan Software Microsoft Excel 2010. Metode analisis data
yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan uji Asumsi Klasik
menggunakan aplikasi Eviews 12.
Berdasarkan hasil analisis pada analisis Regresi Linear Berganda yang telah
dilakukan, hasil penelitian ini 1) Nilai Transaksi E-commerce berpengaruh
Signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan Probabilitas sebesar
0,0019 < 0,05. 2) Jumlah Pengguna E-commerce berpengaruh signifikan terhadap
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Probabilias 0,0021 < 0,05. 3) Jumlah
UMKM berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan
Probabilitas 0,0209 < 0,05. |
en_US |