Pengaruh Nilai Transaksi E-Commerce, Jumlah Pengguna E-Commerce, dan Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Verdianti, Verdianti
dc.contributor.advisor Jayanti, Fitri
dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.author Salsabila, Firyal Fairuz
dc.date.accessioned 2025-01-21T04:00:17Z
dc.date.available 2025-01-21T04:00:17Z
dc.date.issued 2024-07-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5771
dc.description.abstract Firyal Fairuz Salsabila (11821109), Pengaruh Nilai Transaksi Ecommerce, Jumlah Pengguna E-commerce, dan Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024/1445 H. Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari perkembangan Produk Domestik Bruto. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada lahirnya ekonomi baru, dengan adanya fenomena transaksi jual beli berbasis internet atau E-commerce. E-commerce sendiri dapat membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya, mempermudah penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa harus bertemu langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Nilai Transaksi Ecommerce, 2) Jumlah Pengguna E-commerce, 3) Jumlah UMKM terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia periode 2017-2023. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa data time series yang diolah dalam bentuk pertahun nilai transaksi E-commerce, jumlah pengguna E-commerce, UMKM, dan PDB pada periode 2017-2023. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi. Data-data yang telah didapat diolah menggunakan Software Microsoft Excel 2010. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan uji Asumsi Klasik menggunakan aplikasi Eviews 12. Berdasarkan hasil analisis pada analisis Regresi Linear Berganda yang telah dilakukan, hasil penelitian ini 1) Nilai Transaksi E-commerce berpengaruh Signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan Probabilitas sebesar 0,0019 < 0,05. 2) Jumlah Pengguna E-commerce berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Probabilias 0,0021 < 0,05. 3) Jumlah UMKM berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Probabilitas 0,0209 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pertumbuhan Ekoonomi en_US
dc.subject Produk Domestik Bruto en_US
dc.subject Nilai Transaksi Ecommerce en_US
dc.subject Jumlah Pengguna E-commerce en_US
dc.subject Jumlah UMKM en_US
dc.title Pengaruh Nilai Transaksi E-Commerce, Jumlah Pengguna E-Commerce, dan Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account