dc.description.abstract |
Citra Riyandi, Nomor Induk Siswa 11915058 “Perbandingan
Kepuasan Nasabah Penggunaan Aplikasi digital Bank Syariah Pontianak Di
Tinjau Dari Structure-Conduct-Performance (SCP). Program Studi
Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan dan
perbandingan pengguna aplikasi digital AlloBank dan Livin By Mandiri
ditinjau dari structure-conduct-performance, dengan objek penelitian
nasabah pengguna pada Bank AlloBank dan Bank Livin by mandiri Kota
Pontianak
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif dengan
pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini ialah
data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah
angket/kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrument, uji
asumsi klasik, uji hipotesis, uji perbandingan. Pengelolahan data analisis data
menggunakan softwere SPSS 25.
Kesimpulkan pada penelitian ini bahwa, Kepuasan nasabah AlloBank
berdasarkan aspek Structure, Conduct, dan Performance rata-rata masingmasing adalah 26,4%, 26,7%, dan 16,4%. Kepuasan nasabah Livin By
Mandiri berdasarkan aspek yang sama rata-rata masing-masing adalah 29,4%,
19,6%, dan 14,5%. Terdapat perbedaan signifikan dalam kualitas layanan mbanking antara AlloBank dan Livin By Mandiri, dengan Livin By Mandiri
memiliki kepuasan nasabah lebih tinggi (56,88%) dibandingkan AlloBank
(42,56%), terbukti dari uji statistik yang menunjukkan nilai 0,000
< 0,05. |
en_US |