Analisis Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Penggunaan Tabungan iB Tawakal Pada Bank Kalbar Syariah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.advisor Ruci, Dewa
dc.contributor.advisor Bahtiar, Eko
dc.contributor.advisor Firman, Firman
dc.contributor.author Sulavi, Salsabila Putri
dc.date.accessioned 2025-01-21T02:41:07Z
dc.date.available 2025-01-21T02:41:07Z
dc.date.issued 2024-07-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5765
dc.description.abstract Salsabila Putri Sulavi 12007031 “Analisis Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Penggunaan Tabungan iB Tawakal Pada Bank Kalbar Syariah”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Perkembangan Bank Saat ini telah mengalami banyak perubahan, Setiap Bank dihadapkan dengan masalah mengenai pengenalan atau mempromosikan produk pada bank. Maka dari itu, bank harus bisa merumuskan strategi pengenalan atau mempromosikan produk dengan tepat. Bank perlu mengetahui pesaingnya, Bank harus terus membandingkan produk, harga, dan promosi miliknya dengan milik pesaing bank lainnya. Maka, dengan cara ini Bank akan menemukan kekurangan dan keunggulan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat dilakukan pihak Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak untuk meningkatkan minat menjadi nasabah Produk Tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak. Kedua untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap Tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak Pertumbuhan jumlah nasabah yang membuka Tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak tidak menunjukkan konsisten naik setiap tahunnya. Sehingga diperlunya strategi pengenalan atau mempromosikan untuk meningkatkan minat jumlah nasabah dalam menggunakan produk ini, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan jumlah nasabah Tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara. Wawancara dilakukan dengan pihak pegawai Bank Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Strategi untuk meningkatkan minat menjadi nasabah Produk Tabungan iB Tawakal yaitu dengan cara mempromosikan dan sosialisasi. Maka, dengan begitu bank akan mengetahui kekurangan dan kelebihan sehingga dapat menjadi masukan dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak adalah faktor adanya persaingan produk, penerapan strategi orang (pelayanan), kurangnya promosi yang mengakibatkan minimnya pengetahuan nasabah tentang tabungan iB Tawakal pada Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak. Setelah melakukan strategi pengenalan atau mempromosikan Tabungan iB Tawakal, diharapkan dapat meningkatkan atau mengaktifkan tahap-tahap pengenalan dan promosi. Agar kita dapat melihat kondisi kekuatan dan kelemahan strategi tersebut. Sehingga dapat mengetahui apakah strategi yang diterapkan tepat atau tidak dalam memperkenalkan produk tabungan iB Tawakal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Tabungan iB Tawakal en_US
dc.subject Bank Kalbar Syariah en_US
dc.title Analisis Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Penggunaan Tabungan iB Tawakal Pada Bank Kalbar Syariah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account