dc.description.abstract |
Salsabila Putri Sulavi 12007031 “Analisis Strategi Dalam Upaya Meningkatkan
Minat Nasabah Terhadap Penggunaan Tabungan iB Tawakal Pada Bank Kalbar
Syariah”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Perkembangan Bank Saat ini telah mengalami banyak perubahan, Setiap
Bank dihadapkan dengan masalah mengenai pengenalan atau mempromosikan
produk pada bank. Maka dari itu, bank harus bisa merumuskan strategi pengenalan
atau mempromosikan produk dengan tepat. Bank perlu mengetahui pesaingnya,
Bank harus terus membandingkan produk, harga, dan promosi miliknya dengan
milik pesaing bank lainnya. Maka, dengan cara ini Bank akan menemukan
kekurangan dan keunggulan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat dilakukan
pihak Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak untuk meningkatkan minat menjadi
nasabah Produk Tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak.
Kedua untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi minat masyarakat
terhadap Tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak
Pertumbuhan jumlah nasabah yang membuka Tabungan iB Tawakal di
Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak tidak menunjukkan konsisten naik setiap
tahunnya. Sehingga diperlunya strategi pengenalan atau mempromosikan untuk
meningkatkan minat jumlah nasabah dalam menggunakan produk ini, serta untuk
mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan jumlah nasabah
Tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkan
sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data wawancara. Wawancara dilakukan dengan pihak pegawai Bank
Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu
sumber data primer dan sumber data sekunder. Strategi untuk meningkatkan minat
menjadi nasabah Produk Tabungan iB Tawakal yaitu dengan cara mempromosikan
dan sosialisasi. Maka, dengan begitu bank akan mengetahui kekurangan dan
kelebihan sehingga dapat menjadi masukan dan memperbaiki apa yang perlu
diperbaiki. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk
tabungan iB Tawakal di Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak adalah faktor adanya
persaingan produk, penerapan strategi orang (pelayanan), kurangnya promosi yang
mengakibatkan minimnya pengetahuan nasabah tentang tabungan iB Tawakal pada
Bank Kalbar Syariah Kota Pontianak. Setelah melakukan strategi pengenalan atau
mempromosikan Tabungan iB Tawakal, diharapkan dapat meningkatkan atau
mengaktifkan tahap-tahap pengenalan dan promosi. Agar kita dapat melihat kondisi
kekuatan dan kelemahan strategi tersebut. Sehingga dapat mengetahui apakah
strategi yang diterapkan tepat atau tidak dalam memperkenalkan produk tabungan
iB Tawakal. |
en_US |