Penerapan Strategi Video Comment Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VA MIN 1 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.author Insan, Virgy Alwaisu
dc.date.accessioned 2025-01-20T06:29:53Z
dc.date.available 2025-01-20T06:29:53Z
dc.date.issued 2024-07-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5756
dc.description.abstract Virgy Alwaisu Insan, 2024. Penerapan Strategi Video Comment Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VA MIN 1 Pontianak. Skripsi: Program Studi Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Aqidah Akhlak MIN 1 Pontianak Kelas VA. Pada saat mengajar pembelajaran Aqidah Akhlak menerapkan strategi pembelajaran aktif yaitu strategi Video Comment yang mana dalam penerapan strategi tersebut sudah disesuaikan pada materi yang diajarkan. Selain menarik perhatian siswa untuk belajar, siswa juga mendapatkan pengalaman secara nyata melalui video tersebut. Jadi siswa tidak hanya memahami secara teori saja melainkan secara kontekstualnya juga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Materi yang diajarkan dengan menggunakan strategi video comment dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VA MIN 1 Pontianak. 2) Metode yang tepat digunakan ketika menerapkan strategi video comment pada pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VA MIN 1 Pontianak. 3) Langkah-langkah strategi video comment pada pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VA MIN 1 Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan fenomenologi. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan 3 orang peserta didik di kelas VA MIN 1 Pontianak. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan simpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi video comment pada pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VA berjalan dengan baik, dapat disimpulkan bahwa; 1) Terdapat beberapa materi Aqidah Akhlak yang dapat menggunakan strategi video comment adalah Makna alam barzah atau alam kubur (membiasakan diri bersikap tanggung jawab dan mawas diri), Indahnya berakhlak terpuji (disiplin dan mandiri), Menghindari Akhlak tercela (serakah dan kikir). 2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam menerapkan strategi video comment, yaitu metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab. 3) Terdapat 6 langkah-langkah dalam penerapan strategi video comment yaitu Pertama, guru memilih video yang sesuai dengan materi pelajaran. Kedua, meminta siswa melihat dengan seksama apa yang ada dalam tayangan video pembelajaran tersebut. Ketiga, memutar video pembelajaran. Keempat, meminta komentar siswa melalui diskusi kecil/analisis masing-masing siswa yang disebut “pojok kritikus”. Kelima, memberikan penilaian terhadap hasil diskusi siswa. Keenam, mengulangi langkahlangkah di atas jika perlu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Strategi Video Comment en_US
dc.title Penerapan Strategi Video Comment Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VA MIN 1 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account