dc.description.abstract |
SYARIFAH MARWAH AULIA, (11915014). Analisis Strategi
Pemasaran Kain Sulam Kalengkang Sebagai Budaya Lokal Khas Kota
Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Manajemen Bisnis
Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan kesadaran
masyarakat terhadap produk budaya lokal yang bernilai, (2) Mancapai target
yang lebih luas untuk meningkatkan penjualan kain sulam kalengkang, (3)
Membangun citra merek yang kuat pada kain sulam kalengkang agar nilainilai budaya yang terkandung dapat di komunikasikan kepada konsumen/
masyarakat
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data
sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data
peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) kesadaran
masyarakat terhadap produk budaya kain sulam kalengkang sudah cukup
besar. Sudah ada peran pemerintah yang bekerja sama dengan pengrajin
untuk melestarikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat seperti acara
kebudayaan, pameran, dan workshop; 2) Target penjualan tidak diterapkan
pada masing-masing pengusaha kain sulam kalengkang ini. Selain itu, juga
tidak menggunakan saluran pemasaran dalam memasarkan produknya. Meski
begitu tetap masih ada pelanggan dari luar kota bahkan luar negeri untuk
membeli; 3) Tingkat pengenalan merek dikategorikan dengan tingkatan
pengenalan merek (brand recognition) pada dua pengusaha. Sedangkan dua
pengusaha lainnya tidak menggunakan merek, masyarakat lebih mengenal
nama pengrajin saja untuk mengingat produk dari pengusaha tersebut. Citra
merek dapat dikatakan baik dengan terus dipertahankannya keaslian dan
kualitas dari kain sulam kalengkang. |
en_US |