PENERAPAN METODE MURAJA'AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN NURUL FURQON KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Muniati, Mia
dc.date.accessioned 2025-01-17T09:00:56Z
dc.date.available 2025-01-17T09:00:56Z
dc.date.issued 2025-01-10
dc.identifier.citation APA STYLE en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5746
dc.description.abstract Mia Muniati. 11901303. Penerapan Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Furqon Kubu Raya. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi karena semua santri yang ada di pondok pesantren Nurul Furqon adalah penghafal Al-Qur’an yang menjaga hafalan mereka dengan cara banyak mengulang bacaan dan hafalan atau disebut dengan muraja’ah, tetapi juga mempunyai kesulitan dalam menghafal karena masih belum lancar membaca Al-Qur’an. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini ialah untuk mengetahui, Bagaimana penerapan Metode Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menghafal Al-Qu’an di Pondok Pesantren Nurul Furqon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang didapat dari 20 orang santriwan dan santriwati serta 4 orang guru 3 diantaranya ustadz/ustadzah yang mengajar Al-Qur’an, tempat dan kertas yang didapat dari lapangan, Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dukumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, member chek dan uraian rinci. Berdasarkan data dan hasil analisis disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an pondok pesantren Nurul Furqon memiliki tiga pelaksanaan muraja’ah hafalan Al-Qur’an a) muraja’ah bersama-sama dan disetorkan kepada ustadz/ustadzah b) muraja’ah bersama teman sesama Tahfidz Al-Qur’an c) muraja’ah sendiri-sendiri. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Nurul Furqon, yaitu: a) ketekunan dan daya hafal, b) ustadz dan ustadzah yang berpengalaman, c) pemberian motivasi, d) lingkungan yang efektif, e) belum menguasai makhrijul huruf, f) malas, g) tidak fokus. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Muraja’ah en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Pondok Pesantren en_US
dc.title PENERAPAN METODE MURAJA'AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN NURUL FURQON KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account