PENGARUH TEKNIK SYMBOLIC MODELING DENGAN MEDIA IKLAN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL CALON FRONT OFFICE PADA PESERTA DIDIK PERHOTELAN DI SMKN 5 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adrian, Bob
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.advisor Taqwa, Ria Hayatunnur
dc.contributor.advisor Syifa, Abdullah
dc.contributor.author Yulisha, Yulisha
dc.date.accessioned 2025-01-16T04:09:09Z
dc.date.available 2025-01-16T04:09:09Z
dc.date.issued 2024-12
dc.identifier.citation APA style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5726
dc.description.abstract Yulisha.12005012.Pengaruh Teknik Symbolic Modeling Dengan MediaIklan Terhadap Komunikasi Interpersonal Calon Front OfficePeserta Didik Perhotelan Di Smkn 5 Pontianak. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini didasarkan pada kurangnya keahlian komunikasi interpersonal peserta didik perhotelan bagian Front Office, sedangkan bagian tersebut memerlukan keterampilan komunikasi yang baik karena berhubungan langsung dengan para tamu. Peneliti menggunakan teknik symbolic modeling dengan media iklan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik mengenai komunikasi interpersonal. Peneliti ingin 1) mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal peserta didik sebelum (pretest) dilakukannya teknik symbolic modeling,2) bagaimana komunikasi interpersonal peserta didik sesudah (Posttest) dilakukannya teknik symbolic modeling dan 3) apakah terdapat pengaruh dari teknik symbolic modeling dengan media iklan tersebut terhadap komunikasi interpersonal peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan model Pre Eksperimental dengan jenis desain yang digunakan adalah one-group pretestPosttest desaign. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang peserta didik perhotelan SMKN 5 Pontianak yang diambil menggunakan teknik proposive sampling. Alat pengumpulan datanya menggunakan lembar angket instrumen komunikasi interpersonal berupa pernyataan dengan teknik pengumpulan datanya yakni observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi deskriptif dan analisis skala infensial yaitu uji t. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata pretest komunikasi interpersonal peserta didik 153,2 dengan kategori baik dan2) nilai rata- rata posttest komunikasi interpersonal peserta didik setelah dilakukannya symbolic modeling dengan media iklan sebesar 171,51 dengan kategori sangat baik, yang artinya terjadi peningkatan terhadap komunikasi interpersonal peserta didik setelah dilakukannya teknik symbolic modeling dengan media iklan. Selain hasil uji deskriptif, data ini juga menampilkan nilai signifikansi dengan ketentuan yang ada.3) Dengan uji t didapatkan hasil signifikansi 0,000<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik symbolic modeling dengan media iklan terhadap komunikasi interpersonal calon front office pada peserta didik perhotelan di SMKN 5 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal en_US
dc.subject symbolic modeling en_US
dc.subject front office en_US
dc.subject hotel en_US
dc.title PENGARUH TEKNIK SYMBOLIC MODELING DENGAN MEDIA IKLAN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL CALON FRONT OFFICE PADA PESERTA DIDIK PERHOTELAN DI SMKN 5 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account