dc.description.abstract |
Yulisha.12005012.Pengaruh Teknik Symbolic Modeling Dengan MediaIklan Terhadap Komunikasi Interpersonal Calon Front OfficePeserta Didik Perhotelan Di Smkn 5 Pontianak. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini didasarkan pada kurangnya keahlian komunikasi interpersonal peserta didik perhotelan bagian Front Office, sedangkan bagian tersebut memerlukan keterampilan komunikasi yang baik karena berhubungan langsung dengan para tamu. Peneliti menggunakan teknik symbolic modeling dengan media iklan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik mengenai komunikasi interpersonal. Peneliti ingin 1) mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal peserta didik sebelum (pretest) dilakukannya teknik symbolic modeling,2) bagaimana komunikasi interpersonal peserta didik sesudah (Posttest) dilakukannya teknik symbolic modeling dan 3) apakah terdapat pengaruh dari teknik symbolic modeling dengan media iklan tersebut terhadap komunikasi interpersonal peserta didik
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan model Pre Eksperimental dengan jenis desain yang digunakan adalah one-group pretestPosttest desaign. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang peserta didik perhotelan SMKN 5 Pontianak yang diambil menggunakan teknik proposive sampling. Alat pengumpulan datanya menggunakan lembar angket instrumen komunikasi interpersonal berupa pernyataan dengan teknik pengumpulan datanya yakni observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi deskriptif dan analisis skala infensial yaitu uji t.
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata pretest komunikasi interpersonal peserta didik 153,2 dengan kategori baik dan2) nilai rata- rata posttest komunikasi interpersonal peserta didik setelah dilakukannya symbolic modeling dengan media iklan sebesar 171,51 dengan kategori sangat baik, yang artinya terjadi peningkatan terhadap komunikasi interpersonal peserta didik setelah dilakukannya teknik symbolic modeling dengan media iklan. Selain hasil uji deskriptif, data ini juga menampilkan nilai signifikansi dengan ketentuan yang ada.3) Dengan uji t didapatkan hasil signifikansi 0,000<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik symbolic modeling dengan media iklan terhadap komunikasi interpersonal calon front office pada peserta didik perhotelan di SMKN 5 Pontianak. |
en_US |