dc.description.abstract |
SARUNI, Hubungan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan
Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa/i MAN 3 Pontianak, Fakultas
Ushuluddin Adab dan Dakwah, Program Studi Psikologi Islam, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Permasalahan mengenai motivasi sangat mempengaruhi proses
pembelajaran siswa/i terutama dalam hal prestasi. Kurangnya motivasi bisa
disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya karena belum jelas atau
bahkan tidak adanya tujuan dan impian di masa yang mendatang terutama
dalam hal pendidikan selanjutnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat orientasi
masa depan di bidang pendidikan dan motivasi berprestasi serta hubungan
antara orientasi masa depan di bidang pendidikan dengan motivasi
berprestasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, jenis penelitian
korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala orientasi
masa depan bidang pendidikan dan skala motivasi berprestasi. Populasi pada
penelitian ini yaitu 315 orang dan sampel penelitian berjumlah 115 orang di
MAN 3 Pontianak.
Hasil analisa statistik dengan bantuan software SPSS 25 for Windows
10, menyatakan bahwa: 1) Tingkat orientasi masa depan bidang pendidikan
siswa/i MAN 3 Pontianak dikategori tinggi dengan jumlah 59 orang atau
sekitar 61,46%, sedang berjumlah 36 orang dengan persentase 37,5% dan
rendah berjumlah 1 orang dengan persentase 1,04%. 2) Tingkat motivasi
berprestasi dikategori sedang berjumlah 70 orang dengan persentase 72,92%,
tinggi berjumlah 26 orang dengan persentase 27,08% dan tidak ada dikategori
rendah atau 0%. 3) Uji korelasi variabel menggunakan product moment
pearson hasil data menunjukkan sig.(2-tailed) 0,000 dan pearson correlation
0,423 yang artinya terdapat hubungan antara orientasi masa depan bidang
pendidikan dengan motivasi berprestasi pada siswa/i MAN 3 Pontianak. |
en_US |