dc.description.abstract |
Fadhilla Thaliya Salsabillah (12007012) PENGARUH FITUR
CHATBOT AISYAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK
SYARIAH INDONESIA, (Studi Kasus Nasabah Pada Bank Syariah
Indonesia Kota Pontianak). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program
Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak,2024. Penelitian ini di latar belakangi dari perkembangan
teknologi yang sangat signifikan yang kemudian berdampak pada dunia
perbankan membuat perbankan harus terus meningkatkan dan memberikan
inovasi produk yang baru sebagai usaha manajemen dalam menghadapi
perubahan kebutuhan masyarakat dan kemajuan teknologi. Pada saat ini
perbankan syariah khususnya pada Bank Syariah Indonesia telah banyak
mengeluarkan inovasi layanan berbasis teknologi dalam kegiatan
operasionalnya. Salah satu contohnya yaitu Chatbot Customer Service yang
diberi nama Chatbot Aisyah. Chatbot ini diciptakan untuk memudahkan
nasabah dalam mencari informasi mengenai produk,layanan serta terkait
masalah yang sedang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh fitur Chatbot Aisyah terhadap kepuasan pelayanan yang
dirasakan langsung oleh nasabah. Penelitian ini menggunakan metodelogi
kuantitatif dengan menggunakan data primer. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa terdapat pengaruh layanan fitur chatbot aisyah terhadap
kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kota Pontianak dengan dasar
analisis 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui
bahwa nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 12,690 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,984. Sesuai dengan kriteria jika 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>
𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif
dan signifikan layanan fitur chatbot aisyah terhadap kepuasan nasabah pada
Bank Syariah Indonesia Kota Pontianak. |
en_US |