PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.author RAHMAN, BAGUS
dc.date.accessioned 2025-01-15T04:27:39Z
dc.date.available 2025-01-15T04:27:39Z
dc.date.issued 2025-01-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5711
dc.description.abstract BAGUS RAHMAN, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menurut Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam menurut Kurikulum Merdeka di kelas X E SMA Negeri 1 Pontianak; (2) pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam menurut Kurikulum Merdeka di kelas X E SMA Negeri 1 Pontianak; (3) evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam menurut Kurikulum Merdeka di kelas X E SMA Negeri 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam pelaksanaan kurikulum tersebut, memfokuskan pada proses, tantangan, serta dampaknya terhadap siswa dan kualitas pendidikan agama di sekolah. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa, serta dokumen terkait. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, yang melibatkan modul ajar interaktif seperti discovery learning dan problem solving. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran berlangsung aktif dan kolaboratif, di mana siswa berperan dalam diskusi, pencarian informasi, dan presentasi kelompok yang mendukung keterampilan berpikir kritis. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara komprehensif melalui asesmen formatif, sumatif, dan proyek berbasis konteks sehari-hari, dengan fleksibilitas dalam metode penilaian yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account