dc.description.abstract |
Siti Hadia Prameswari (12014006) Hubungan School Well-Being dengan Student Engagement pada Siswa Fullday School di SMKN 5 Pontianak: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Prodi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui tingkatan school well-being pada siswa dengan sistem pembelajaran fullday school SMKN 5 Pontianak. 2) Untuk mengetahui tingkatan student engagement pada siswa dengan sistem pembelajaran fullday school SMKN 5 Pontianak. 3) Untuk mengetahui hubungan school wellbeing dan student engagement pada siswa fullday school SMKN 5 Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMKN 5 Pontianak. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa SMKN 5 Pontianak dengan sample sebanyak 92 siswa. Pengambilan data menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala School Well-Being yang telah diadaptasi kebahasa Indonesia oleh Lathifah, dkk (2021) dan Student Engagement Measure (SEM) yang telah diadaptasi kebahasa Indonesia oleh Masyitha & Purnwono (2023). Kemudian untuk menganalisis data peneliti menggunakan korelasi product moment pearson.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Tingkat school well-being pada siswa fullday school di SMKN 5 Pontianak dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 67%. 2) Tingkat student engagement pada siswa dengan sistem pembelajaran fullday school SMKN 5 Pontianak dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 71%. 3) Hasil penelitian memperlihatkan adanya hubungan positif antara school wellbeing dengan student engagement pada siswa fullday school SMKN 5 Pontianak dengan korelasi sebesar 0,453, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. |
en_US |