dc.description.abstract |
Irda Febrianti, Pengaruh Penggunaan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya penggunaan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi. Oleh karena itu, peneliti menawarkan untuk menggunakan strategi crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak tanpa menggunakan strategi crossword puzzle, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak dengan menggunakan strategi crossword puzzle, 3) Pengaruh penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design yaitu non equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAS Mujahidin Pontianak dan sumber datanya adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik tes, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun, alat pengumpulan data adalah soal tes pilihan ganda (pretest-posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian prasyarat normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Levene Test. Pengujian hipotesis dengan uji statistik nonparametric uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,94; 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi crossword puzzle diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,29; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan menggunakan uji Mann-Whitney yang diperoleh dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Mujahidin Pontianak. |
en_US |