PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X DI SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Febrianti, Irda
dc.date.accessioned 2025-01-14T00:45:50Z
dc.date.available 2025-01-14T00:45:50Z
dc.date.issued 2024-12-24
dc.identifier.citation APA style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5687
dc.description.abstract Irda Febrianti, Pengaruh Penggunaan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya penggunaan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi. Oleh karena itu, peneliti menawarkan untuk menggunakan strategi crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak tanpa menggunakan strategi crossword puzzle, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak dengan menggunakan strategi crossword puzzle, 3) Pengaruh penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMAS Mujahidin Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design yaitu non equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAS Mujahidin Pontianak dan sumber datanya adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik tes, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun, alat pengumpulan data adalah soal tes pilihan ganda (pretest-posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian prasyarat normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Levene Test. Pengujian hipotesis dengan uji statistik nonparametric uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,94; 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi crossword puzzle diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,29; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan menggunakan uji Mann-Whitney yang diperoleh dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Mujahidin Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Crossword Puzzle en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X DI SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account