dc.contributor.advisor |
Susanto, Rizki |
|
dc.contributor.advisor |
Wahidah, Andina Nurul |
|
dc.contributor.advisor |
Khairawati, Khairawati |
|
dc.contributor.advisor |
Sulisti, Hidayu |
|
dc.contributor.author |
Trisnandini, Khairunnisa Dwi |
|
dc.date.accessioned |
2025-01-13T07:15:29Z |
|
dc.date.available |
2025-01-13T07:15:29Z |
|
dc.date.issued |
2024-12-06 |
|
dc.identifier.citation |
APA Style |
en_US |
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5679 |
|
dc.description.abstract |
KHAIRUNNISA DWI TRISNANDINI. Komparasi Keterampilan Membaca Al-Qur’an antara Peserta Didik yang Mengikuti dengan Tidak Mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an: Studi di SDN 24 Inggis III Kabupaten Sanggau Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengukur rata-rata keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik yang mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an di SDN 24 Inggis III Kabupaten Sanggau. Kedua, mengukur rata-rata keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik yang tidak mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an di SDN 24 Inggis III Kabupaten Sanggau. Ketiga, mengukur berapa besar komparasi rata-rata keterampilan membaca Al-Qur’an antara peserta didik yang mengikuti dengan tidak mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an di SDN 24 Inggis III Kabupaten Sanggau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan V yang beragama Islam dengan jumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Kemudian uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk membuktikan bahwa alat ukur yang digunakan relevan dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik non parametrik dan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik versi 25.
Hasil penelitian yang dilakukan telah menjawab seluruh tujuan penelitian yang ditetapkan. Pertama, rata-rata keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik yang mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an berdasarkan hasil penelitian termasuk dalam ketegori “sangat baik” dengan rata-rata nilai keterampilan sebesar 88.21. Kedua, rata-rata keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik yang tidak mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an berdasarkan hasil penelitian termasuk dalam kategori “cukup” dengan rata-rata nilai sebesar 66.23. Ketiga, hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata keterampilan membaca Al-Qur’an antara peserta didik yang mengikuti dengan tidak mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an di SDN 24 Inggis III Kabupaten Sanggau. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan membaca Al-Qur'an |
en_US |
dc.subject |
Peserta didik |
en_US |
dc.subject |
Taman Pendidikan Al-Qur'an |
en_US |
dc.title |
KOMPARASI KETERAMPILAN MEMBACA Al-QUR’AN ANTARA PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI DENGAN TIDAK MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN: STUDI DI SDN 24 INGGIS III KABUPATEN SANGGAU TAHUN PELAJARAN 2023/2024 |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |