dc.description.abstract |
Ratu Kartika Negara (11903021), Analisis Motivasi Belanja Konsumen
Minimarket Dan Warung Kelontong Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di
Desa Sebatuan Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas): Program Studi
Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui motivasi
konsumen dalam belanja di minimarket yang berada di Desa Sebatuan. 2)
Mengetahui motivasi konsumen dalam belanja di warung kelontong yang
berada di Desa Sebatuan. 3) Mengetahui motivasi belanja konsumen
minimarket dan warung kelontong dalam perspektif ekonomi islam yang
ada di Desa Sebatuan.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data
skunder, yaitu: 1) sumber data primer adalah konsumen yang berada di desa
sebatuan dan pernah berbelanja di minimarket dan warung kelontong. 2)
sumber data skunder adalah sumber data yang diperoleh peneliti secara
tidak langsung melalui catatan lapangan atau file. Teknik pengumpulan data
yang peneliti gunakan adalah berupa observasi, wawancara maupun
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Motivasi konsumen
dalam belanja di minimarket yang berada di Desa Sebatuan dipengaruhi
oleh faktor produk seperti kualitas yang terjamin kemudian produk yang
lengkap dan juga bervariatif, kemudian dari segi harga adanya promo atau
diskon yang diberikan, dan pelayanan yang membuat konsumen nyaman
saat berbelanja, serta lokasi tempat berdirinya minimarket yang strategis 2)
Motivasi konsumen dalam belanja di warung kelontong yang berada di Desa
Sebatuan juga dipengaruhi oleh produk yang dapat dibeli secara ecer, dan
bisa mendapatkannya dengan harga yang murah, pelayanan yang baik juga
didapatkan, dengan lokasi tempat berdirinya warung berada di sekitar
pemukiman warga dan yang membedakan motivasi dari minimarket
maupun warung kelontong adalah bagaimana cara pandang dari kedua
konsumen tersebut dalam segi produk, harga, pelayanan, maupun lokasi 3)
Motivasi belanja konsumen minimarket dan warung kelontong dalam
perspektif ekonomi islam yang pertama berupa asas tabad al manafi yaitu
saling memberikan manfaat baik kepada penjual maupun konsumen dan
yang kedua asas an taradhin yaitu suka sama suka dan tidak ada pemaksaan
di dalamnya. |
en_US |