Analisis Motivasi Belanja Konsumen Minimarket Dan Warung Kelontong Dalam Perspektif Islam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Bahtiar, Eko
dc.contributor.advisor Jayanti, Fitri
dc.contributor.advisor Yulisa Kalbarini, Rahmah
dc.contributor.advisor Umam, Khoirul
dc.contributor.author Kartika Negara, Ratu
dc.date.accessioned 2025-01-13T01:29:36Z
dc.date.available 2025-01-13T01:29:36Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5672
dc.description.abstract Ratu Kartika Negara (11903021), Analisis Motivasi Belanja Konsumen Minimarket Dan Warung Kelontong Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di Desa Sebatuan Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas): Program Studi Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui motivasi konsumen dalam belanja di minimarket yang berada di Desa Sebatuan. 2) Mengetahui motivasi konsumen dalam belanja di warung kelontong yang berada di Desa Sebatuan. 3) Mengetahui motivasi belanja konsumen minimarket dan warung kelontong dalam perspektif ekonomi islam yang ada di Desa Sebatuan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data skunder, yaitu: 1) sumber data primer adalah konsumen yang berada di desa sebatuan dan pernah berbelanja di minimarket dan warung kelontong. 2) sumber data skunder adalah sumber data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui catatan lapangan atau file. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah berupa observasi, wawancara maupun dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Motivasi konsumen dalam belanja di minimarket yang berada di Desa Sebatuan dipengaruhi oleh faktor produk seperti kualitas yang terjamin kemudian produk yang lengkap dan juga bervariatif, kemudian dari segi harga adanya promo atau diskon yang diberikan, dan pelayanan yang membuat konsumen nyaman saat berbelanja, serta lokasi tempat berdirinya minimarket yang strategis 2) Motivasi konsumen dalam belanja di warung kelontong yang berada di Desa Sebatuan juga dipengaruhi oleh produk yang dapat dibeli secara ecer, dan bisa mendapatkannya dengan harga yang murah, pelayanan yang baik juga didapatkan, dengan lokasi tempat berdirinya warung berada di sekitar pemukiman warga dan yang membedakan motivasi dari minimarket maupun warung kelontong adalah bagaimana cara pandang dari kedua konsumen tersebut dalam segi produk, harga, pelayanan, maupun lokasi 3) Motivasi belanja konsumen minimarket dan warung kelontong dalam perspektif ekonomi islam yang pertama berupa asas tabad al manafi yaitu saling memberikan manfaat baik kepada penjual maupun konsumen dan yang kedua asas an taradhin yaitu suka sama suka dan tidak ada pemaksaan di dalamnya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Motivasi Konsumen en_US
dc.subject Warung Kelontong en_US
dc.subject Minimarket en_US
dc.title Analisis Motivasi Belanja Konsumen Minimarket Dan Warung Kelontong Dalam Perspektif Islam en_US
dc.title.alternative Studi Kasus di Desa Sebatuan Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account