PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.author Prawanda, Sonya
dc.date.accessioned 2025-01-13T01:10:28Z
dc.date.available 2025-01-13T01:10:28Z
dc.date.issued 2024-12-24
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5668
dc.description.abstract Sonya Prawanda, Pengaruh Penggunaan Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Mujahidin Pontianak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Proses pembelajaran yang didominasi metode ceramah dan penggunaan media yang terpaku pada buku paket, serta papan tulis dapat memengaruhi hasil belajar, terhitung 60% peserta didik tidak tuntas mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan yaitu 76. Berdasarkan data awal ini, maka tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis 1) Hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tanpa menggunakan media Kahoot; 2) Hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media Kahoot; 3) Pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAS Mujahidin Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design yaitu non equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAS Mujahidin Pontianak dan sumber data berupa populasi yaitu peserta didik kelas X sebanyak 245 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik tes, observasi dan dokumentasi dengan alat pengumpulan data adalah soal tes pilihan ganda (Pretest-Posttest), lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian prasyarat normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Levene Test. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tanpa menggunakan media Kahoot dengan nilai rata-rata sebesar 70,14; 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media Kahoot dengan nilai rata-rata sebesar 83,43; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Mujahidin Pontianak dengan nilai effect size sebesar 0,80 yang berada pada kategori sedang dan dibuktikan berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney yang diperoleh dari nilai Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ha diterima yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Media Kahoot en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account