dc.description.abstract |
MUHARNI, Nilai Moral Dalam Cerita Batu Nek Jage Bagi Anak Usia 5-6 Tahun
Desa Bukit Segoler Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas: Program Studi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Perkembangan moral pada anak mengajarkan nilai-nilai penting yang akan
membentu karakter dan kepribadian anak kedepan, membatu mereka menjadi
berbakti dan bertanggung jawab dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan 1) nilai moral sikap hormat dalam cerita Batu Nek Jage bagi
anak usia 5-6 tahun. 2) nilai moral tanggung jawab dalam cerita batu nek jage bagi
anak usia 5-6 tahun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
melalui pendekatan kualitatif. Sumber penelitian ini terdiri dari sumber primer dan
sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah Masyarakat Bukit Segoler
Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas. 2) Sumber sekunder adalah dokumentasi dan
referensi tertulis lain yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah pengumpulan data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai moral sikap hormat dalam
cerita Batu Nek Jage bagi anak usia 5-6 tahun yaitu sikap hormat menghargai orang
lain dengan berperilaku baik dan sopan. Pesan moral sikap hormat yang dapat
disampaikan kepada masyarakat dalam cerita Batu Nek Jage yaitu kita dapat
menghargai diri sendiri dan orang lain, selalu bersikap manis dan menghormati
orang lain saat berbicara, sopan saat berbicara, menerima ide orang lain dengan
terbuka, serta tidak suka menyumpah. 2) nilai moral tanggung jawab dalam cerita
batu nek jage bagi anak usia 5-6 tahun yaitu melakukan semua tugas dan
kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Tanggung jawab berarti siap menanggung
segala resiko atas perbuatan sendiri, melakukan semua tugas dan kewajibannya
dengan sungguh-sungguh sejak anak usia dini. |
en_US |