dc.description.abstract |
GABRIEL ANGEL CHANIGIA. Perbandingan Hasil Belajar SKI Berdasarkan Self Regulated Learning (SRL) Pada Peserta Didik Kelas XII IPS I Dan XII IPS II Di Ma Mathla’ul Anwar. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Hasil belajar merupakan suatu proses perubahan yang terjadi pada peserta didik, adapun salah satu faktor yang menentukan hasil belajar adalah self regulated learning yang merupakan pengaturan dalam proses belajar secara mandiri. Sehingga untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, peserta didik mampu memahami tanggung jawabnya dalam proses pembelajaran. Di kelas XII IPS I dan XII IPS II di MA Mathla’ul Anwar menunjukkan bahwa peserta didik tidak mempunyai perencanaan dan waktu untuk belajar yang jelas dan terorganisir. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik kelas XII pada mata pelajaran SKI berdasarkan self regulated learning (SRL) di IPS I. 2) hasil belajar peserta didik kelas XII pada mata pelajaran SKI berdasarkan self regulated learning (SRL) di IPS II. 3) perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran SKI berdasarkan self regulated learning dan tidak berdasarkan self regulated learning di kelas XII IPS I dan XII IPS II.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian komparatif dengan metode penelitian analisis perbandingan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS I dan Kelas XII IPS II yang berjumlah 46, dengan sampel yaitu seluruh kelas XII IPS I dan XII IPS II. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar pada mata pelajaran SKI berdasarkan self regulated learning yaitu mendapat skor rata-rata tinggi dengan nilai sebesar 76,5%. 2) hasil belajar pada mata pelajaran SKI tidak berdasarkan self regulated learning yaitu mendapat skor rata-rata sedang dengan nilai sebesar 66,07%. 3) perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran SKI berdasarkan self regulated learning dan tidak berdasarkan self regulated learning dengan menggunakan uji median tes yaitu mendapatkan nilai signifikan 0,047 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar. |
en_US |