Bimbingan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII di MTs AlMa’arif NU Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Latifa, Nur
dc.date.accessioned 2025-01-09T01:04:05Z
dc.date.available 2025-01-09T01:04:05Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5645
dc.description.abstract NUR LATIFA, Bimbingan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII di MTs AlMa’arif NU Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2023 M/1445 H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik. Untuk mengatasi banyaknya siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik di MTs Al-Ma’arif NU Pontianak maka dibuatlah program bimbingan membaca Al-Qur’an, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai kekurangan. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya untuk menguraikan kekurangan yang terdapat pada program tersebut untuk dicarikan solusinya. Secara spesifik tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Bimbingan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII di MTs AlMa’arif NU Pontianak tahun 2023 antara lain: 1) Perencanaan bimbingan membaca AlQur’an. 2) Pelaksanaan bimbingan membaca Al-Qur’an. 3) Evaluasi bimbingan membaca Al-Qur’an. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan member chek. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan bimbingan membaca Al-Qur’an, guru membuat program perencanaan secara sederhana dan masih belum terencana dengan baik. Dalam program kerjanya, terdapat guru menyusun laporan pelaksanaan bimbingan belajar Al-Qur’an, namun pembimbing tidak membuat hasil laporan pelaksanaan bimbingan tersebut sehingga tidak dapat dilihat sejauh mana target pencapaian siswa dalam membaca Al-Qur’an. 2) Dalam pelaksanaan bimbingan membaca Al-Qur’an, dilihat dari materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode yang digunakan, serta media yang digunakan sudah cukup baik dan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana. 3) Evaluasi bimbingan membaca Al-Qur’an masih belum terencana dengan baik karena guru tidak membuat instrument penilaian secara tertulis sehingga sulit untuk melihat ketercapaian indikator keberhasilan dalam program pembelajaran bimbingan membaca Al-Qur’an. 4) Faktor pendukung bimbingan membaca Al-Qur’an terdiri dari faktor internal yaitu kemauan siswa itu sendiri, dan semangat mereka ingin belajar AlQur’an. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu dukungan dari orang tua, semangat dari guru yang mengajar. Faktor penghambatnya yaitu ketika mereka sedang menstruasi bagi siswa perempuan, dan siswa merasa bosan dan jenuh dalam pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Bimbingan en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title Bimbingan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII di MTs AlMa’arif NU Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account