PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HABIB SHOLEH BIN ALWI ALHADDAD KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.advisor Herlambang, Syaifuddin
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Pratama, Andreka Yuda
dc.date.accessioned 2025-01-07T07:06:24Z
dc.date.available 2025-01-07T07:06:24Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5626
dc.description.abstract ANDREKA YUDA PRATAMA. Pembentukan Karakter Disiplin Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad Kabupaten Kubu Raya. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi kebiasaan disiplin santri dan Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad Kabupaten Kubu Raya dalam membentuk kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimanakah tahap-tahap pembentukan karakter disiplin pada santri di Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad Kabupaten Kubu Raya?. 2) mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter disiplin pada santri di Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad Kabupaten Kubu Raya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Wakil Pimpinan Pondok Pesantren, Guru, dan santri di Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara, dokumentasi. Tahapan analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : 1) tahap-tahap pembentukan karakter disiplin yang dilakukan pesantren meliputi : (a) pembinaan dan bimbingan. (b) penegakan peraturan konsisten. (c) pembentukan rutinitas. (d) contoh keteladanan. (e) pelatihan keterampilan manajemen waktu. (f) pemberian punishment (hukuman). (g) pemberian Reward (penghargaan). 2) faktor pendukung dari segi internal adalah kesadaran dan kemauan belajar, sedangkan dari segi eksternal adanya dukungan orang tua. 3) faktor penghambat dari segi internal timbulnya perasaan malas santri, sedangkan dari segi eksternal adalah pengaruh teman serta kurangnya sarana dan prasarana. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembentukan Disiplin en_US
dc.subject Santri en_US
dc.subject Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad Kabupaten Kubu Raya en_US
dc.title PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HABIB SHOLEH BIN ALWI ALHADDAD KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account