KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS III DI SDN 16 SEMADIN KABUPATEN MELAWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Satria, Edwin
dc.date.accessioned 2025-01-02T07:54:51Z
dc.date.available 2025-01-02T07:54:51Z
dc.date.issued 2024-12-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5605
dc.description.abstract Edwin Satria. 11711258. Kerja Sama Guru dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas III di SDN 16 Semadin Kabupaten Melawi:Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas III, Kedua, untuk mendeskripsikan bagaimana cara guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III, dan Ketiga, untuk mendeskripsikan bagaimana cara orang tua mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah Kepala Sekolah SDN 16 Semadin Kabupaten Melawi dan Guru Pendidikan Agama Islam serta Orang Tua Siswa yang terdiri dari lima orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan teknik member check dan triangulasi. Penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa: Pertama, bentuk-bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas III pada mata pelajaran Pendidikana Agama Islam terlihat adanya kerja sama yang baik dilakukan antara guru dan orang tua siswa. Kedua, cara guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu: dengan cara (1) mempergunakan banyak metode pada saat mengajar, (2) selalu memberikan kata kata motivasi, pada saat proses belajar, (3) menerapkan kurikulum yang baik, (4) selalu mempertimbangkan perbedaan individu siswa saat mengajar, (5) selalu membuat perencanaan sebelum mengajar, (6) selalu memberikan sugesti kepada siswa agar lebih giat belajar, (7) selalu menciptakan suasana demokratis di sekolah, (8) selalu memberikan kebebasan kepada siswa unttuk belajar sendiri, dan (9) selalu menyusun perencanaan pengajaran remidial dan dilaksanakan bagi siswa yang memerlukan. Ketiga, cara orang tua mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, adalah (1) dengan cara selalu memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan siswa, (2) selalu mengawasi kegiatan belajar siswa di rumah maupun di sekolah, (3) selalu memberikan kata-kata motivasi pada siswa agar lebih giat belajar, (4) selalu mengarahkan siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang di dapat di sekolah, (5) selalu menyediakan fasilitan belajar lengkap di rumah, (6) selalu memperhatikan waktu belajar siswa di rumah, dan (7) salalu mengontrol siswa-siswa baik di rumah maupun di pergaulan mereka sehari-hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kerja Sama Guru dan Orang Tua en_US
dc.subject Kesulitan Belajar Siswa en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS III DI SDN 16 SEMADIN KABUPATEN MELAWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account