dc.description.abstract |
ABDUL MAJID, (12001303) Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Desa Pasak: Fakultas Tarbiyah, dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini terdiri dari 3 rumusan masalah Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatusshibyan Desa Pasak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Mengetahui tentang Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Aqidah Akhlak dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Desa Pasak, (2) Mengetahui Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Desa Pasak, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam menyesuaikan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) dan pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di Kelas vii madrasah tsanawiyah tarbiyatus shibyan desa pasak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Sumber data yang dugunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data yang diambil langsung dari sumber pertama yang ada di lapangan,dalam penelitian ini sumber data primer yang diperoleh oleh peneliti berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru Aqidah akhlak dan informan lain yang memberikan masukan tentang pelaksanaan perangkat pembelajaran yang di alami. Sumber data skunder merupakan data yang di peroleh dari arsip-arsip dan buku-buku, internet dan dari berbagai referensi lainnya yang relevansi untuk mendukung sumber data primer.
Dari hasil penelitian dan analisis ini dapat disimpulkan (1) Bagaimana Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (rpp) Aqidah akhlak dikelas VII madrasah tsawiyah tarbiyatusshibyan desa pasak agar bisa terjadinya kesesuaian dalam proses belajar di madrasah tsawiyah tarbiyatusshibyan dengan diperhatikannya Kembali rpp yang telah di gunakan, (2) Bagaimana kesesuaian rencana pembelajaran (rpp) untuk merelevansikan proses kegiatan mengajar dan belajar terhadap guru dan siswa-siswi di Lembaga Madrasah Tsawiyah Tarbiyatusshibyan Desa Pasak, (3) Apa saja factor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan penyesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) dan pelaksanaan pembelajaran Aqidah akhlak dikelas vii masdrasah tsawiyah tarbiyatusshibyan desa pasak agar bisa tersusun dan terencana kembali proses mengajar dan belajar. |
en_US |