dc.description.abstract |
NADILA HIDAYATI. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Skripsi, Pontianak: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak, khususnya dalam mengatasi permasalahan siswa yang cenderung pasif saat presentasi sehingga beban presentasi hanya ditanggung beberapa siswa, diperkuat dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kinerja kelompok yang aktif dan pasif. Sehingga tujuan pembelajaran berbasis proyek untuk melatih komunikasi dan kerja sama belum tercapai secara optimal dan siswa yang kurang terlibat berpotensi belum memahami konsep materi Pendidikan Agama Islam yang telah dipelajari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan dokumen-dokumen terkait pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian terkait penerapan project based learning di SMP Negeri 2 Pontianak telah berjalan dengan baik yang menunjukkan bahwa: 1) Menentukan topik pembelajaran masih perlu ditingkatkan untuk lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, 2) Pertanyaan penuntun efektif dalam mengarahkan siswa pada tujuan pembelajaran, 3) Pembagian tugas dalam kelompok berjalan lancar, 4) Pemantauan proyek dilakukan secara menyeluruh, 5) Pesentasi siswa serta penilaian guru dilakukan dengan baik. |
en_US |