PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Hidayati, Nadila
dc.date.accessioned 2024-12-20T08:49:57Z
dc.date.available 2024-12-20T08:49:57Z
dc.date.issued 2024-11-29
dc.identifier.citation appa style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5558
dc.description.abstract NADILA HIDAYATI. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Skripsi, Pontianak: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak, khususnya dalam mengatasi permasalahan siswa yang cenderung pasif saat presentasi sehingga beban presentasi hanya ditanggung beberapa siswa, diperkuat dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kinerja kelompok yang aktif dan pasif. Sehingga tujuan pembelajaran berbasis proyek untuk melatih komunikasi dan kerja sama belum tercapai secara optimal dan siswa yang kurang terlibat berpotensi belum memahami konsep materi Pendidikan Agama Islam yang telah dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan dokumen-dokumen terkait pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait penerapan project based learning di SMP Negeri 2 Pontianak telah berjalan dengan baik yang menunjukkan bahwa: 1) Menentukan topik pembelajaran masih perlu ditingkatkan untuk lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, 2) Pertanyaan penuntun efektif dalam mengarahkan siswa pada tujuan pembelajaran, 3) Pembagian tugas dalam kelompok berjalan lancar, 4) Pemantauan proyek dilakukan secara menyeluruh, 5) Pesentasi siswa serta penilaian guru dilakukan dengan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Projrct Based Learning en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account