PENDIDIKAN ISLAM PADA KELUARGA MUALAF DI DESA SUNGAI RANAS KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author DHEA, MAULIZA
dc.date.accessioned 2024-12-05T04:31:58Z
dc.date.available 2024-12-05T04:31:58Z
dc.date.issued 2024-11-05
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5487
dc.description.abstract MAULIZA DHEA, “Pendidikan Islam Pada Keluarga Mualaf Di Desa Sungai Ranas Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau”, Skripi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat banyak keluarga yang beralih agama karena faktor pernikahan. Mereka memiliki pengetahuan agama yang minim dan menghadapi tantangan dalam mendidik anak sesuai ajaran Islam. Dari 24 keluarga mualaf, peneliti memilih empat keluarga untuk studi. Di lapangan ditemukan bahwa orang tua mualaf mengajarkan nilai-nilai dasar Islam seperti menutup aurat, salat, berdoa, mengaji, serta menjauhi larangan. Mereka mengandalkan guru ngaji, TPQ dan YouTube dalam mengajar anak. Orang tua mualaf lebih menekankan nilai universal seperti kejujuran, kasih sayang, dan menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Materi Pendidikan Islam pada keluarga mualaf di Desa Sungai Ranas Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau; 2) Metode Pendidikan Islam pada keluarga mualaf di Desa Sungai Ranas Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Metode penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Materi Pendidikan Islam dalam keluarga mualaf mencakup, Akidah berfungsi sebagai fondasi keimanan yang menanamkan keyakinan terhadap Allah SWT., Akhlak sebagai panduan moral dalam interaksi sosial, dan Ibadah meliputi tindakan ritual yang memperkuat hubungan dengan Allah SWT.; 2) Metode pendidikan melibatkan empat pendekatan: keteladanan oleh orang tua sebagai model perilaku Islami, pembiasaan nilai-nilai Islam melalui praktik sehari-hari, nasihat dengan cerita yang memperkuat iman dan moral, serta perhatian yang memastikan dukungan emosional dan bimbingan spiritual bagi anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Keluarga Mualaf en_US
dc.title PENDIDIKAN ISLAM PADA KELUARGA MUALAF DI DESA SUNGAI RANAS KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account