dc.description.abstract |
Nurrahmania (12015067), ‘’Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran PT Putra Kalma Raya Properti Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif’’. Skripsi Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Tahun 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pemasaran yang diterapkan PT Putra Kalma Raya dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. (2) penerapan etika bisnis islam dalam pemasaran yang dilakukan PT Putra Kalma Raya (3) dampak penerapan dari etika bisnis islam pemasaran terhadap PT Putra Kalma Raya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan PT Putra Kalma Raya yakni, dengan menggunakan Segmenting, Targeting dan Positioning. Dan adapun Etika bisnis islam yang diterapkan dengan prinsip tauhid, keseimbangan, tanggung jawab, kehendak bebas, dan ihsan. Hasil penelitian ini juga menunjukan dampak dari penerapan etika bisnis islam pemasaran yakni berdampak pada kepercayaan konsumen yang dapat menghasilkan peningkatan penjualan serta berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja baru dengan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. |
en_US |