EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII MTSN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Nurmizan, Putri Amalia
dc.date.accessioned 2024-11-14T00:41:47Z
dc.date.available 2024-11-14T00:41:47Z
dc.date.issued 2024-09-30
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5427
dc.description.abstract PUTRI AMALIA NURMIZAN. Efektivitas Penggunaan Media Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas VII MTSN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTSN 2 Pontianak, guru masih menggunakan alat evaluasi konvensional yaitu dengan menggunakan papper test dan belum dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik tidak maksimal karena memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu dengan nilai rata rata 50,2. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Penggunaan media quizizz sebagai alat evaluasi, 2) Hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan alat evaluasi konvensional papper test, 3) Hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan alat evaluasi media quizizz, 4) Efektivitas Penggunaan Media Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas VII . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan bentuk desain quasy experimental design (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan eksperimen. Pengujian prasyarat normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Levene Test. Pengujian hipotesis dengan uji statistik nonparametric uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney, sedangkan pengujian efektivitas dengan menggunakan rumus n-gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) Penggunaan media quizizz melalui tahapan persiapan, pelaksanaan/penyajian dan tindak lanjut, 2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol (kelas VII-8) diperoleh n-gain score 25% kateogeri tidak efektif, 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (kelas VII-1) diperoleh n-gain score 84% kateogeri efektif. 4) Hasil uji Mann-Whitney pada nilai post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, penggunaan media quizizz sebagai alat evaluasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Media Quizizz en_US
dc.subject Evaluasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam. en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII MTSN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account