dc.description.abstract |
Erma Rutamah, 2024. Penerapan Metode Ekspresi Bebas Dalam
Pembelajaran Menggambar di TK AL-Adabiy Pontianak. Program Studi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Ilmu
Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk menerapkan
metode ekspresi bebas agar menumbuhkan kreativitas anak dalam pembelajaran
menggambar karena dari pengamatan peneliti guru sering menyuruh anak untuk
mewarnai gambar yang sudah ada di buku saja. Berdasarkan permasalahan tersebut
maka peneliti bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan persiapan yang guru
lakukan dalam penerapan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran
menggambar. 2) Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan yang guru lakukan
dalam penerapan metode ekspresi bebas yang diperuntukan dalam pembelajaran
menggambar anak. 3) Untuk mengetahui evaluasi guru pada penerapan metode
ekspresi bebas dalam pembelajaran menggambar anak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
jenis pendekatan deskriptif dan observasi lapangan. Sedangkan sumber data
dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder.
Lokasi penelitiannya di TK AL-Adabiy Pontianak. Dalam teknik
pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan
analisis data yakni menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data
(data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan
atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Selanjutnya untuk
pengujian keabsahan datanya peneliti menggunakan teknik triangulasi yakni
triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Berdasarkan analisis data peneliti menyimpulkan: bahwa 1)
Persiapan penerapan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran
menggambar adalah menyiapkan alat dan bahan. 2) Pelaksanaan penerapan
metode ekspresi bebas dalam pembelajaran menggambar dilaksanakan guru
dengan menawarkan tema, membagikan bahan untuk menggambar lalu
menjelaskan jenis kertas yang digunakan untuk pembelajaran menggambar
dan bentuk gambar yang akan dilakukan sebelum proses pembelajaran.
Keberhasilan dalam penerapan metode ekspresi bebas ini dapat dilihat dari
hasil karya anak-anak. 3) Evaluasi penerapan metode ekspresi bebas dalam
pembelajaran menggambar ini dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran
berlangsung. Berdasarkan hasil karya anak menggambar yaitu dengan
kategori anak mulai berkembang berjumlah 9 orang, anak berkembang
sesuai harapan berjumlah 12 orang dan anak yang berkembang sangat baik
berjumlah 3 orang. Evaluasi ini dilaksanakan guru sebagai informasi
seberapa kreatif anak dalam proses kegiatan menggambar. |
en_US |