PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DI TK AL-ADABIY PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author RUTAMAH, ERMA
dc.date.accessioned 2024-11-11T06:29:02Z
dc.date.available 2024-11-11T06:29:02Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5419
dc.description.abstract Erma Rutamah, 2024. Penerapan Metode Ekspresi Bebas Dalam Pembelajaran Menggambar di TK AL-Adabiy Pontianak. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk menerapkan metode ekspresi bebas agar menumbuhkan kreativitas anak dalam pembelajaran menggambar karena dari pengamatan peneliti guru sering menyuruh anak untuk mewarnai gambar yang sudah ada di buku saja. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan persiapan yang guru lakukan dalam penerapan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran menggambar. 2) Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan yang guru lakukan dalam penerapan metode ekspresi bebas yang diperuntukan dalam pembelajaran menggambar anak. 3) Untuk mengetahui evaluasi guru pada penerapan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran menggambar anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif dan observasi lapangan. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Lokasi penelitiannya di TK AL-Adabiy Pontianak. Dalam teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data yakni menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Selanjutnya untuk pengujian keabsahan datanya peneliti menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan analisis data peneliti menyimpulkan: bahwa 1) Persiapan penerapan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran menggambar adalah menyiapkan alat dan bahan. 2) Pelaksanaan penerapan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran menggambar dilaksanakan guru dengan menawarkan tema, membagikan bahan untuk menggambar lalu menjelaskan jenis kertas yang digunakan untuk pembelajaran menggambar dan bentuk gambar yang akan dilakukan sebelum proses pembelajaran. Keberhasilan dalam penerapan metode ekspresi bebas ini dapat dilihat dari hasil karya anak-anak. 3) Evaluasi penerapan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran menggambar ini dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil karya anak menggambar yaitu dengan kategori anak mulai berkembang berjumlah 9 orang, anak berkembang sesuai harapan berjumlah 12 orang dan anak yang berkembang sangat baik berjumlah 3 orang. Evaluasi ini dilaksanakan guru sebagai informasi seberapa kreatif anak dalam proses kegiatan menggambar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Ekspresi Bebas en_US
dc.subject Menggambar. en_US
dc.title PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DI TK AL-ADABIY PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account