dc.description.abstract |
YOSI SAFITRI, faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Bank Konvensional Daripada Bank Syariah: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, pelayanan, promosi dan produk terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan bank konvensional dan bank syariah.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan model skala likert, kuesioner disebarkan kepada masyarakat Kota Pontianak yang berusia 17-50 tahun yang mempunyai rekening bank konvensional dan bank syariah. Penelitian ini menggunakan uji instrumen kuesioner, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t dan uji-f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) berdasakan hasil uji hipotesisi untuk variabe lokasi dan variabel produk pada bank konvensional, hasil tersebut berpengaruh terhadap keputusan nasabah bank konvensional. Sedangkan hasil uji hipotesisi untuk variabel promosi dan variabel pelayanan pada bank konvensional, hasil tersebut tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah bank syariah. 2) berdasarkan hasil uji hipotesis untuk variabel promosi dan variabel produk pada bank syariah, hasil tersebut berpengaruh terhadap keputusan nasabah bank syariah. Sedangkan hasil uji hipoteisis untuk variabel lokasi dan variabel pelayanan pada bank syariah, hasil tersebut tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah bank syariah
Kata Kunci: Lokasi, Pelayanan, Promosi, Produk dan Keputusan Nasabah |
en_US |