dc.description.abstract |
YANTI (12003036): Analisis penggunaan Media Sosial Terhadap minat Masyarakat Untuk Membayar ZIS di BAZNAS Jl. Nirbaya Kota Pontianak, Skripsi Mahasiswa Program Ekonomi Syariah Angkatan 2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan media sosial, Minat masyarakat dan peran media sosial terhadap minat masyarakat untuk membayar ZIS di BAZNAS Kota Pontianak.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1) Penggunaan media sosial BAZNAS di lihat dari jumlah pengikut pertumbuhan pengikut yang meningkat, adanya tingkat keterlibatan dari masyarakat dengan penggunaan media sosial melalui platfrom sebagai salah satu alat utama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang zakat. 2) media sosial memiliki dampak yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat, keterbukaan BAZNAS dalam menyebarkan informasi dan percakapan yang dilakukan lewat media sosial sehingga bisa membangun komunitas. 3) media sosial berperan penting dalam penyebaran informasi, mempererat tali silahturahmi dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. sehingga dapat meningkatkan penghimpunan jumlah dana ZIS 40-50 juta rupiah pertahunnya. |
en_US |