dc.description.abstract |
DESI MULIA, Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Kaligrafi dalam
Membangun Kecerdasan Literasi Qur’an di MAN Kota Singkawang: Fakultas
Tarbiyah Ilmu dan Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian yang telah peneliti buat yaitu: (1)
Dapat mengetahui pelaksanaan pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri
Kota Singkawang. (2) Dapat mengetahui penghambat dalam pembelajaran Kaligrafi
di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang. (3) Dapat Mengetahui pendukung
dalam pelaksanaan pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri Kota
Singkawang. Serta, (4) Dapat Mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran Kaligrafi
di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan sumber data
penelitian ada dua sumber yaitu sumber primer adalah guru mata pelajaran kaligrafi
dan peserta didik dan sumber sekunder adalah berupa buku, karya tulis maupun
orang yang berkompeten dalam penelitian ini. Pada penelitian ini peneliti
menggunakan teknik untuk pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan
analisis model kualitatif yaitu: Reduksi data, Paparan data, dan penyimpulan.
Berdasarkan data yang telah didapatkan oleh peneliti pada analisis yang sudah
ada maka peneliti menyimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang sudah baik akan tetapi masih
ada peserta didik yang kurang memahami dan juga belum baik dalam menulis
kaligrafi yang sesuai dengan qaidahnya. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan
kaligrafi adalah kurang minat dan percaya diri pada peserta didik, sedikitnya jam
pelajaran yang diberikan kepada guru. (3) Faktor pendukung adanya wadah untuk
menyalurkan bakat peserta didik seperti sekolah mengadakan iven-iven perlombaan.
(4) Hasil dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran kaligrafi adanya peserta didik yang
berhasil dalam mengembangkan bakatnya setelah belajar kaligrafi seperti ikut
perlombaan yang mewakili Tingkat antar sekolah, kabupaten maupun provinsi,
sehingga ilmu belajar kaligrafi yang telah guru ajarkan bermanfaat bagi peserta didik
dan juga bagi orang lain yang belajar kaligrafi. Bagi peserta didik selain belajar
kaligrafi yang menulis sesuai dengan qaidah yang ada peserta didik juga dapat
belajar membaca dan memahami kandungan ayat Al-Qur’an guna untuk
membangun kecerdasan literasi Qur’an di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Kota
Singkawang. |
en_US |