PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN KALIGRAFI DALAM MEMBANGUN KECERDASAN LITERASI QUR’AN DI MAN KOTA SINGKAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author MULIA, DESI
dc.date.accessioned 2024-11-01T03:38:58Z
dc.date.available 2024-11-01T03:38:58Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5393
dc.description.abstract DESI MULIA, Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Kaligrafi dalam Membangun Kecerdasan Literasi Qur’an di MAN Kota Singkawang: Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian yang telah peneliti buat yaitu: (1) Dapat mengetahui pelaksanaan pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang. (2) Dapat mengetahui penghambat dalam pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang. (3) Dapat Mengetahui pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang. Serta, (4) Dapat Mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan sumber data penelitian ada dua sumber yaitu sumber primer adalah guru mata pelajaran kaligrafi dan peserta didik dan sumber sekunder adalah berupa buku, karya tulis maupun orang yang berkompeten dalam penelitian ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik untuk pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis model kualitatif yaitu: Reduksi data, Paparan data, dan penyimpulan. Berdasarkan data yang telah didapatkan oleh peneliti pada analisis yang sudah ada maka peneliti menyimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kaligrafi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang sudah baik akan tetapi masih ada peserta didik yang kurang memahami dan juga belum baik dalam menulis kaligrafi yang sesuai dengan qaidahnya. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kaligrafi adalah kurang minat dan percaya diri pada peserta didik, sedikitnya jam pelajaran yang diberikan kepada guru. (3) Faktor pendukung adanya wadah untuk menyalurkan bakat peserta didik seperti sekolah mengadakan iven-iven perlombaan. (4) Hasil dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran kaligrafi adanya peserta didik yang berhasil dalam mengembangkan bakatnya setelah belajar kaligrafi seperti ikut perlombaan yang mewakili Tingkat antar sekolah, kabupaten maupun provinsi, sehingga ilmu belajar kaligrafi yang telah guru ajarkan bermanfaat bagi peserta didik dan juga bagi orang lain yang belajar kaligrafi. Bagi peserta didik selain belajar kaligrafi yang menulis sesuai dengan qaidah yang ada peserta didik juga dapat belajar membaca dan memahami kandungan ayat Al-Qur’an guna untuk membangun kecerdasan literasi Qur’an di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Kota Singkawang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan Pembelajaran Kaligrafi en_US
dc.subject Literasi Qur’an en_US
dc.title PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN KALIGRAFI DALAM MEMBANGUN KECERDASAN LITERASI QUR’AN DI MAN KOTA SINGKAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account