dc.description.abstract |
Putri Nurul Aini (12001306), Potensi Sumber Belajar Agama Islam Pada
Pantangan Masyarakat Muslim-Madura Kampung Dalam Bugis Kota Pontianak
Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Skripsi ini bertujuan: satu, untuk mengetahui bagaimana pantangan pada
masyarakat Muslim-Madura di Kampung Dalam Bugis Kota Pontianak yang
berhubungan dengan karakter peduli lingkungan; dua, untuk mengetahui
pantangan menjadi salah satu sumber yang signifikan dalam membangun
karakter peduli lingkungan pada masyarakat Muslim-Madura Kampung Dalam
Bugis Kota Pontianak; tiga, untuk mengetahui apakah pantangan pada
masyarakat Muslim-Madura Kampung Dalam Bugis Kota Pontianak relevan
sebagai sumber belajar agama Islam.
Skripsi ini ditulis berangkat dari penelitian kualitatif fenomenologi.
Lokasi penelitian adalah Kampung Dalam Bugis Kota Pontianak. Informan
dalam penelitian ini adalah tokoh agama, dan masyarakat Muslim-Madura di
Kampung Dalam Bugis Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah data reduction (data reduksi), data display (penyajian data),
conclusion drawing /verification. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan diskusi
teman sejawat.
Skripsi ini menyimpulkan: Satu, pantangan yang membentuk karakter
peduli lingkungan masih di lestarikan oleh masyarakat Muslim-Madura di
Kampung Dalam Bugis Kota Pontianak. Dua, makna yang terkandung dalam
pantangan yang dapat membentuk karakter peduli lingkungan yaitu; dapat
mempengaruhi sikap dan perilaku terhadap lingkungan, mengandung nilai-nilai
agar menjadi lebih peka terhadap kelestarian lingkungan, lebih bertanggung
jawab akan kelestarian lingkungan, dapat berperan aktif dan berpartisipasi
terhadap pencegahan kerusakan lingkungan, dapat mengelola secara baik sumber
daya alam, aktif dalam perbaikan serta memecahkan permasalahan yang ada di
kampung Dalam Bugis Kota Pontianak. Tiga, pantangan relevan sebagai potensi
sumber belajar untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam yaitu,
nilai pendidikan akidah bahwa pantangan yang bertentangan dengan syariat
agama Islam patut dihindari dan nilai pendidikan akhlak yang membentuk
karakter masyarakat Muslim Madura menjadi lebih baik serta peduli lingkungan |
en_US |