dc.description.abstract |
Nuri (12015068), Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli
Konsumen (Studi Kasus Chandra Mart Di Jl. Parit Tanggok, Kecamatan Sungai
Raya, Kabupaten Kubu Raya). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Prodi
Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas
pelayanan terhadap minat beli konsumen Studi Kasus Chandra Mart Di Jl. Parit
Tanggok, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Fokus utama penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap minat beli konsumen
Chandra Mart Di Jl. Parit Tanggok, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu
Raya dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli
konsumen Chandra Mart Di Jl. Parit Tanggok, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten
Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel
sebanyak 73 responden untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan
terhadap minat beli konsumen Chandra Mart Di Jl. Parit Tanggok, Kecamatan
Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Data primer dikumpulkan melalui distribusi
kuisioner kepada responden yang dipilih secara acak dari populasi yang relevan.
Kusioner dirancang untuk mengukur persepsi responden terhadap elemen-elemen
promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen. Selain itu, data
sekunder juga diambil dokumentasi yang mencakup infomasi tentang berupa
tempat Chandra mart, produk-produk atau barang yang digunakan. Adapun Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket/kuesioner dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Secara parsial promosi tidak
berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini dibuktikan
dengan hasil pengujian t-hitung 0,885 < t-tabel 1,667 dengan nilai signifikansi
0,379 > 0,05. 2) Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian
t-hitung 6,863 > t-tabel 1,667 dengan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. 3) Promosi
dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli konsumen Chandra Mart Di Jl. Parit Tanggok, Kecamatan Sungai Raya,
Kabupaten Kubu Raya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian nilai F-hitung
260,868 > F-tabel 3,984 dengan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. |
en_US |