Perbedaan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam antara Peserta Didik yang Diajar dan yang Tidak Diajar Menggunakan Strategi Make a Match di Kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Nurzakiyah, Ula
dc.date.accessioned 2024-10-28T03:15:26Z
dc.date.available 2024-10-28T03:15:26Z
dc.date.issued 2024-10-04
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5371
dc.description.abstract ULA NURZAKIYAH, Perbedaan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam antara Peserta Didik yang Diajar dan yang Tidak Diajar Menggunakan Strategi Make a Match di Kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara peserta didik yang diajar dan yang tidak diajar menggunakan strategi Make a Match di kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajar dengan menggunakan strategi Make a Match. 2) Prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang tidak diajar dengan menggunakan strategi Make a Match. 3) Perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara peserta didik yang diajar dan yang tidak diajar menggunakan strategi Make a Match di kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Lokasi penelitiannya adalah di SMP Islam Bawari Pontianak, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Sumber datanya adalah peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran, komunikasi dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes/lembar soal dan HP. Teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis perbedaan. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) Prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajar dengan menggunakan strategi Make a Match diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 56,76 dan nilai rata-rata posttest sebesar 87,06. 2) Prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang tidak diajar dengan menggunakan strategi Make a Match diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,29 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,15 tetapi ada 11 orang tidak mencapai KKM. 3) Perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara peserta didik yang diajar dan yang tidak diajar menggunakan strategi Make a Match di kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak adalah signifikan. Berdasarkan nilai signifikansi hasil pengujian gain scores dengan statistik Mann-Whitney U Test adalah 0,000. Nilai ini jelas lebih kecil dari 0,05 (5%). Dengan demikian hasil analisis gain scores menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Make a Match en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Perbedaan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam antara Peserta Didik yang Diajar dan yang Tidak Diajar Menggunakan Strategi Make a Match di Kelas VIII SMP Islam Bawari Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account