dc.description.abstract |
Megawati, Penerapan strategi Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di Kelas IV MIS BAWARI Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan strategi teams games tournament pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di kelas IV MIS BAWARI Pontianak, 2) Langkah Penerapan strategi pembelajaran teams games tournament pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di kelas IV MIS BAWARI Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data menggunakan data primer wawancara dengan guru Al Qur’an hadis, sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan dokumen lain yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan strategi teams games tournament pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di kelas IV MIS BAWARI Pontianak diwujudkan dalam silabus beserta pengembangan RPP yang dirancang sebagai panduan guru untuk mengajar, 2) Langkah Penerapan strategi teams games tournament pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di kelas IV MIS BAWARI Pontianak yaitu ada guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan ketentuan 4 6 siswa pada setiap kelompok, setelah itu guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok menentukan peran setiap anggota kelompok dengan ketentuan satu orang menjadi ketua kelompok, juru bicara, dan pengangkat tangan, serta lebih dari satu orang untuk menjadi notulen, Guru membacakan peraturan permainan kuis beserta sanksinya bila melanggar, Guru membacakan soal berikutnya baik soal yang berupa tulisan, lisan, atau video dengan aturan yang sama, setelah semua soal selesai dikuis kan, pada akhir pertemuan guru menghitung skor dan akan diakumulasikan dengan pertemuan berikutnya |
en_US |