Pelaksanaan Program Tahsin bagi Peserta Didik Paruh Baya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Al-Barokah Kubu Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fahmi, Moch. Riza
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Annisa, Annisa
dc.date.accessioned 2024-10-28T01:14:34Z
dc.date.available 2024-10-28T01:14:34Z
dc.date.issued 2024-09-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5361
dc.description.abstract ANNISA, Pelaksanaan Program Tahsin bagi Peserta Didik Paruh Baya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Al- Barokah Kubu Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) Pelaksanaan program tahsin bagi peserta didik paruh baya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an di Lembaga Pendidikan Al-Barokah Kubu Raya; (2) Program apa saja yang dikembangkan oleh Lembaga Pendidikan Al-Barokah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an; (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahsin bagi peserta didik paruh baya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Lembaga Pendidikan Al-Barokah Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Sumber data primer penelitian ini adalah pengasuh Lembaga Pendidikan Al-Barokah dan tiga orang peserta didik paruh baya di Lembaga Pendidikan Al-Barokah, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu dokumentasi proses pembelajaran serta dokumen yang menunjang dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan lengkap, wawancara terstruktur serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan program tahsin bagi peserta didik paruh baya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an di Lembaga Pendidikan Al-Barokah Kubu Raya, yaitu (1) Program tahsin dilaksanakan setiap hari selasa pukul 09.00-11.00 WIB di teras rumah dengan membentuk halaqoh (lingkaran). Memperbaiki bacaan Al-Qur‟an dengan talaqqi atau musyafahah, menghafal beberapa hukum tajwid, sholawat dan kajian keislaman; (2) Bentuk pengajaran yang dilaksanakan Lembaga Pendidikan Al- Barokah yaitu: menggunakan metode talaqqi atau musyafahah dan hafalan serta media yang digunakan yaitu Al-Qur‟an dan kitab tajwidul Qur’an; (3) Faktor pendukung guru yaitu: motivasi guru sendiri agar ibu-ibu lebih giat dan semangat dalam membaca Al-Qur‟an sampai fashih. Faktor penghambat guru yaitu: kurangnya daya tangkap dan daya ingat ibu-ibu. Sedangkan kendala peserta didik paruh baya yaitu: gangguan anak, tidak bisa mengendarai motor, nervous, dan suka bingung terhadap materi-materi yang diberikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Program Tahsin en_US
dc.subject Peserta Didik Paruh Baya en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Pelaksanaan Program Tahsin bagi Peserta Didik Paruh Baya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Al-Barokah Kubu Raya en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account