ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH PRODUK MAKANAN RINGAN HALAL DI PASAR KEBOEN SAJOEK PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Ilhamdi, Ilhamdi
dc.contributor.author PRAMUDYA, HAFIDZ CHANDRA
dc.date.accessioned 2024-10-25T08:27:20Z
dc.date.available 2024-10-25T08:27:20Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5358
dc.description.abstract Hafidz Chandra Pramudya, NIM.11821125. Judul Penelitian Analisis Perilaku Konsumen Muslim Dalam Memilih Produk Makanan Ringan Halal Di Pasar Keboen Sajoek Pontianak. Islam mengatur konsumsi halal dan thoyyib. Sebagai seorang Muslim wajib menjalankan perintah agama Islam dalam kehidupannya seperti aktivitas konsumsi. Berdasarkan hasil observasi, diduga perilaku konsumen Muslim di Pasar Keboen Sajok Pontianak memilih produk halal dan mengutamakan kehalalan sebelum membeli produk makanan ringan kemasan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku konsumen Muslim serta faktor-faktor yang membuat konsumen Muslim memilih dan mengutamakan kehalalan produk sebelum memutuskan pembelian makanan ringan di Pasar Keboen Sajoek Pontianak Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) bersifat naratif, menggunakan teknik penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode Eksploratif Deskriptif dengan mengumpulkan informasi wawancara terhadap 14 konsumen Muslim yang berbelanja makanan ringan kemasan di Pasar Keboen Sajoek Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku konsumen Muslim di Pasar Keboen Sajoek Pontianak mengutamakan produk halal, berbelanja sesuai dengan kebutuhan, dan memperhatikan kethoyyiban, kebersihan, serta kesehatan pada makanan. Terdapat tiga perilaku dalam memilih produk halal yaitu melihat labelisasi halal, menanyakan status kehalalan, serta menolak produk yang tidak halal. (2) Faktor-faktor perilaku konsumen Muslim dalam memilih produk makanan ringan halal di Pasar Keboen Sajoek yaitu dipengaruhi oleh faktor agama, faktor persepsi, faktor sosial, faktor gaya hidup, faktor kesehatan, faktor pengetahuan produk halal dan label halal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Perilaku Konsumen en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.subject Makanan ringan kemasan. en_US
dc.title ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH PRODUK MAKANAN RINGAN HALAL DI PASAR KEBOEN SAJOEK PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account