dc.description.abstract |
DELA SARI, Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Berbasis
YouTube Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 06 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penggunaan media
audiovisual berbasis YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti kelas kontrol (IX F); 2) langkah-langkah penggunaan media
audiovisual berbasis YouTube di kelas eksperimen (IX G); 3) hasil belajar siswa
kelas eksperimen (IX G) menggunakan media audiovisual berbasis YouTube pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; 4) seberapa besar
pengaruh penggunaan media audiovisual berbasis YouTube terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara kelas
kontrol dengan kelas eksperimen di SMP Negeri 06 Pontianak tahun ajaran
2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang beragama
Islam di SMP Negeri 06 Pontianak yang berjumlah 164 siswa, dengan sampel
sebanyak 60 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
teknik pengamatan langsung (observasi) dan tes. Kemudian untuk menganalisis
data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 22.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan
media audiovisual berbasis YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti kelas kontrol (IX F), berdasarkan nilai pretest terdapat 24 siswa
belum mencapai KKM dan 6 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan pada nilai
posttest terdapat 15 siswa belum mencapai KKM dan 15 siswa sudah mencapai
KKM, 2) Langkah-langkah penggunaan media audiovisual berbasis YouTube di
kelas eksperimen (IX G), memperoleh persentase 100% dengan kriteria “sangat
baik”, 3) Hasil belajar siswa kelas eksperimen (IX G) menggunakan media
audiovisual berbasis YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti, berdasarkan nilai pretest terdapat 21 siswa belum mencapai KKM dan
9 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan dari nilai posttest semua siswa nilainya
telah mencapai KKM atau tuntas, 4) terdapat pengaruh yang signifikan dari
penggunaan media audiovisual berbasis YouTube terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara kelas kontrol
dengan kelas eksperimen di SMP Negeri 06 Pontianak tahun ajaran 2023/2024
dengan memperoleh nilai sebesar 55,8 % dengan tingkat pengaruh “sedang”. |
en_US |