Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Sari, Dela
dc.date.accessioned 2024-10-21T08:41:21Z
dc.date.available 2024-10-21T08:41:21Z
dc.date.issued 2024-09-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5327
dc.description.abstract DELA SARI, Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Berbasis YouTube Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 06 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penggunaan media audiovisual berbasis YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas kontrol (IX F); 2) langkah-langkah penggunaan media audiovisual berbasis YouTube di kelas eksperimen (IX G); 3) hasil belajar siswa kelas eksperimen (IX G) menggunakan media audiovisual berbasis YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; 4) seberapa besar pengaruh penggunaan media audiovisual berbasis YouTube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen di SMP Negeri 06 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang beragama Islam di SMP Negeri 06 Pontianak yang berjumlah 164 siswa, dengan sampel sebanyak 60 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik pengamatan langsung (observasi) dan tes. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan media audiovisual berbasis YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas kontrol (IX F), berdasarkan nilai pretest terdapat 24 siswa belum mencapai KKM dan 6 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan pada nilai posttest terdapat 15 siswa belum mencapai KKM dan 15 siswa sudah mencapai KKM, 2) Langkah-langkah penggunaan media audiovisual berbasis YouTube di kelas eksperimen (IX G), memperoleh persentase 100% dengan kriteria “sangat baik”, 3) Hasil belajar siswa kelas eksperimen (IX G) menggunakan media audiovisual berbasis YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, berdasarkan nilai pretest terdapat 21 siswa belum mencapai KKM dan 9 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan dari nilai posttest semua siswa nilainya telah mencapai KKM atau tuntas, 4) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audiovisual berbasis YouTube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen di SMP Negeri 06 Pontianak tahun ajaran 2023/2024 dengan memperoleh nilai sebesar 55,8 % dengan tingkat pengaruh “sedang”. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Audiovisual en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account