Pengaruh Penerapan Strategi Modelling The Way Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Praktek Haji Di Kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Aziz, Abdul
dc.contributor.author Imelda, Gita
dc.date.accessioned 2024-10-21T08:33:14Z
dc.date.available 2024-10-21T08:33:14Z
dc.date.issued 2024-10-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5326
dc.description.abstract GITA IMELDA. Pengaruh Penerapan Strategi Modelling The Way Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Praktek Haji Di Kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran guru untuk menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang monoton seperti ceramah dalam pembelajaram. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang: 1) Penerapan strategi Modelling The Way dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi praktek haji di Kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak; 2) Minat belajar siswa kelas IX dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi praktek haji di SMPN 06 Kota Pontianak; 3) Pengaruh penerapan strategi Modelling The Way terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi praktek haji kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen Pre Eksperimental dengan desain penelitian one group post-test only control desain. Adapun lokasi penelitian yaitu di SMPN 06 Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data: Observasi, Angket dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX E yang berjumlah 28 orang siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Serta pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi sofware SPSS versi 29 dengan analisis deskriptif dan analisis uji wilcoxon. Berdasarkan uji analisis deskriptif statistik dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan strategi modelling the way pada materi praktek haji kelas IX termasuk dalam katergori sangat baik karena memiliki nilai rata-rata 1,00 dan secara persentase sebesar 100%, artinya langkah-langkah penerapan strategi modelling the way telah diterapkan secara sistematis. 2) Minat belajar siswa memiliki nilai rata- rata 68,96 dengan persentase 86,2% termasuk kategori sangat baik. 3) Hasil uji hipotesis melalui uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi koefisien regresi sebesar 0,000 < 0,05 (alpha), maka keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dari penerapan strategi modelling the way terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi praktek haji di kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Modelling The Way en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Haji en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Strategi Modelling The Way Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Praktek Haji Di Kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account