dc.description.abstract |
GITA IMELDA. Pengaruh Penerapan Strategi Modelling The Way Terhadap
Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Praktek
Haji Di Kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa. Hal
tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran guru untuk menggunakan strategi
pembelajaran yang bervariasi, guru masih menggunakan strategi pembelajaran
yang monoton seperti ceramah dalam pembelajaram. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang: 1) Penerapan strategi Modelling
The Way dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi praktek haji
di Kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak; 2) Minat belajar siswa kelas IX dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi praktek haji di SMPN 06 Kota
Pontianak; 3) Pengaruh penerapan strategi Modelling The Way terhadap minat
belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi praktek
haji kelas IX SMPN 06 Kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
eksperimen Pre Eksperimental dengan desain penelitian one group post-test only
control desain. Adapun lokasi penelitian yaitu di SMPN 06 Kota Pontianak. Teknik
pengumpulan data: Observasi, Angket dan dokumentasi. Alat pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket.Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas IX E yang berjumlah 28 orang siswa dengan
menggunakan teknik simple random sampling. Serta pengolahan data dalam
penelitian ini menggunakan aplikasi sofware SPSS versi 29 dengan analisis
deskriptif dan analisis uji wilcoxon.
Berdasarkan uji analisis deskriptif statistik dapat disimpulkan bahwa: 1)
Penerapan strategi modelling the way pada materi praktek haji kelas IX termasuk
dalam katergori sangat baik karena memiliki nilai rata-rata 1,00 dan secara
persentase sebesar 100%, artinya langkah-langkah penerapan strategi modelling the
way telah diterapkan secara sistematis. 2) Minat belajar siswa memiliki nilai rata-
rata 68,96 dengan persentase 86,2% termasuk kategori sangat baik. 3) Hasil uji
hipotesis melalui uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi koefisien regresi sebesar
0,000 < 0,05 (alpha), maka keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat
pengaruh dari penerapan strategi modelling the way terhadap minat belajar siswa
dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi praktek haji di kelas IX SMPN
06 Kota Pontianak |
en_US |