PENGARUH LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BTN SYARIAH DI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Roma, Kholifuddin
dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.author Maryadi, Eri
dc.date.accessioned 2024-10-21T02:39:35Z
dc.date.available 2024-10-21T02:39:35Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5322
dc.description.abstract Eri Maryadi (12007004), Pengaruh layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah bank BTN Syariah di Pontianak, skripsi, program studi perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini mengkasji pengaruh layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah di PT. Bank BTN Syariah pada kantor cabang Pontianak. Seiring perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi sangat mempengaruhi dunia perbankan secara signifikan yang memeberikan peluang baru untuk meningkatkan kualitas layanan mobile banking kepada nasabah PT. Bank BTN Syariah yang telah mengimplementasikan berbagai produk digital seperti BTNS mobile, ATM, dan QRIS untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Penjelasan di atas menunjukkan bahwa tujuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah bank BTN Syariah yang menggunakan mobile banking sebanyak 683. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 reponden yang diambil dengan Teknik slovin. Metode analisis ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, koefesien determinasi, dan uji hipotesis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil pengolahan data pada uji validitas dan reliabilitas menghasilkan data yang valid dan reabel. Pada uji asumsi klasik, data berdistribusi normal, tidak terjadi gejala heteroskedstisitas dan tidak terjadi gejala autokorelasi. Pada analisis regresi linier sederhana menunjukkan arah variabel X terhadap Y adalah positif. Pada uji hipotesis, uji parsial (uji t) menghasilkan kesimpulan (H0) ditolak dan (H1) diterima. Artinya terdapat pengaruh tari variabel independen terhadap variabel dependen. Uji koefesien determinasi (R2) menghasilkan nilai R square sebesar 0.724 (72,4%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BTN Syariah KC Pontianak dengan t-hitung 2.932 dan nilai t-tabel yang diperoleh sebesar 1.988 (2.932 > 1.988) yang artinya nilai t-hing lebih besar dari t-tabel, dan nilai signifikansi layanan mobile banking (X) sebesar 0.00 atau lebih kecil dari 0.05 (0.00 < 0.05) nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0.724 yang artinya pengaruh layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah BTN Syariah Pontianak adalah sebesar 72,4% . Sedangkan sisanya yaitu sebesar 27,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Layanan Mobile Banking en_US
dc.subject Kepuasan Nasabah en_US
dc.subject BTN Syariah en_US
dc.title PENGARUH LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BTN SYARIAH DI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account