DINAMIKA PASAR RABU DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PEDAGANG MUSLIM DI KECAMATAN GALING KABUPATEN SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fatimah, Fatimah
dc.contributor.advisor Bilhaq, M.Agus Muhtadi
dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Ulum, Bahrul
dc.contributor.author FUJIANTI, EKA ELISA
dc.date.accessioned 2024-10-21T02:21:42Z
dc.date.available 2024-10-21T02:21:42Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5318
dc.description.abstract Eka Elisa Fujianti (12003072). Dinamika Pasar Rabu dalam Meningkatkan Perekonomian Perdagang Muslim di Kecamatan Galing Kabupaten Sambas. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dinamika Pasar Rabu dalam meningkatkan perekonomian pedagang muslim serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perekonomian pedagang muslim di Kecamatan Galing Kabupaten Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitarif dengan pendekatan deskriptif. Teknik menentukan sampel dalam penelitian ini dengan cara Accidental Sampling yang merupakan bagian dari teknik dari nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika pasar di Pasar Rabu memiliki potensi dalam meningkatkan perekonomian pedagang muslim. Dinamika Pasar Rabu dengan fokus meningkatkan kualitas produk berperan penting dalam meningkatkan perekonomian pedagang muslim di Kecamatan Galing Kabupaten Sambas, melalui upaya memilih bahan baku berkualitas tinggi dan responsif terhadap umpan balik konsumen, yang membantu membangun reputasi dan meningkatkan penjualan mereka. Analisis faktor pendukung dan penghambat menunjukkan bahwa pedagang di Pasar Rabu menghadapi tantangan modal yang cukup, namun mereka mengadopsi strategi kemitraan strategis dan mencari pendanaan tambahan melalui program pemerintah untuk mengatasi hal tersebut, serta menggunakan keberagaman pasar sebagai strategi untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih luas, sambil tetap responsif terhadap perubahan dalam kebutuhan konsumen untuk mempertahankan kompetitivitas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Dinamika Pasar en_US
dc.subject Meningkatkan Perekonomian dan Pedagang Muslim en_US
dc.title DINAMIKA PASAR RABU DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PEDAGANG MUSLIM DI KECAMATAN GALING KABUPATEN SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account